Home Breaking News Embargo Minyak Korea Utara Masuk Resolusi DK PBB

Embargo Minyak Korea Utara Masuk Resolusi DK PBB

160
Rapat anggota DK PBB akan embargo minyak Korea Utara.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Dewan Keamanan PBB, Senin (11/9/2017), akan mengembargo plafon ekspor minyak mentah ke Korea Utara dan bukan embargo minyak yang lengkap.

“Masih belum jelas apakah China dan Rusia akan mendukung resolusi tersebut. Kedua negara memiliki hak veto dan berhati-hati dengan sanksi keras,” ujar nhk.

Amerika Serikat pekan lalu menyebarkan rancangan resolusi di antara negara-negara anggota DK PBB setelah uji coba nuklir ke-6 pada tanggal 3 September. Ini termasuk larangan total ekspor minyak mentah dan gas ke Korea Utara.

Negara pemasok minyak ke Korea Utara yakni  China dan Rusia menentangnya. Mereka mengatakan dampak embargo terhadap rakyat Korea Utara akan terlalu besar.

Sumber diplomatik PBB mengatakan rancangan resolusi tersebut dapat diubah pada menit terakhir. Mereka menyarankan perundingan AS, China dan Rusia akan terus di belakang layar.

Konsensus :

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Geng Shuang mengatakan kepada wartawan pada hari Senin bahwa China mengharapkan anggota DK PBB setelah konsultasi yang cukup, dapat mencapai konsensus dan memproyeksikan sebuah suara bersatu.

Geng mengatakan China berharap resolusi baru PBB akan kondusif untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan menyelesaikan masalah ini melalui dialog.

Klaim Jepang :

Sementara itu seorang anggota parlemen Jepang mengklaim seorang pejabat senior Korea Utara mengatakan kepadanya bahwa Pyongyang terus berjuang dalam program pengembangan nuklir dan rudalnya.

Hal itu dikatakan Antonio Inoki kepada wartawan di sebuah bandara di ibukota Beijing, Senin (11/9/2017) tak lama setelah mengakhiri kunjungan 5 hari ke Pyongyang.

Inoki mengatakan bahwa dia bertemu dengan Wakil Ketua Partai Pekerja Ri Su Yong yang mantan menteri luar negeri dan seorang pembantu dekat pemimpin negara Kim Jong Un. (oca)

 

Komentar

Komentar