Home Breaking News Eksport Terhambat ke Seluruh Dunia Pasca Hecker Cyber

Eksport Terhambat ke Seluruh Dunia Pasca Hecker Cyber

709
Pelabuhan ekspor impor barang China, photo cdn.techjuice.pk.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Eksport berbagai produk tengah terhambat ke seluruh dunia pasca hecker prangkat komputer sejak semalam yang melanda.

“Terminal kontainer terbesar di Eropa telah menggunakan Gmail dan What’sApp agar operasinya berjalan lancar hari ini,” ujar bbc, Rabu (28/8/2017).

Cara darurat ini terpaksa dilakukan setelah serangan cyber yang telah melanda perusahaan di seluruh dunia menurunkan sistem komputernya.

Terminal APM, yang merupakan bagian dari raksasa pengiriman barang Denmark, Maersk, telah beroperasi tanpa koneksi internet dan telepon.

“Semua orang kami ada di tempat, dan terminalnya terbuka,” kata juru bicara APM, Tom Boyd mengatakan kepada kantor berita AFP.

“Saat ini kami menangani 4.500 kontainer. Ini lebih banyak tenaga kerja, tapi kami membuatnya bekerja. Kami berkomunikasi dengan pelanggan melalui gmail dan hal-hal lain karena sistem TI sedang down.” jelasnya.

Rotterdam adalah pelabuhan terbesar di Eropa dan salah satu yang terbesar di dunia. Tetapi sistem IT tak jalan, membuat para pekerja kebingungan.

Sementara barang- barang yang akan dikirimke negara tujuan menumpuk. Dan bahanya, bila barang tidak tepat waktu maka mereka di penalti.

“Kami berharap sistem IT segera selesai,” jelas pagawai lainnya.

Sebelum tercatat beberapa negara memberikan pembayaran oknum penjahat cyber demi menjalankan usahanya. Namun negara lainnya memilih tidak mau membayarnya. (oca)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar