Home Breaking News Ekonom : Pertumbuhan Ekonomi Jepang 1-1,3 Persen Tahun 2018

Ekonom : Pertumbuhan Ekonomi Jepang 1-1,3 Persen Tahun 2018

44
Yen Jepang. foto ilustrasi

JEPANG, CITRAINDONESIA.COM- Banyak ekonom memprediksi tren pertumbuhan ekonomi Jepang 1-1,3 persen dan berkembang moderat di tahun 2018.

‘Ekspor Jepang akan tumbuh tahun ini, yang dipimpin oleh permintaan global yang kuat’, ujar para ekonom seperti dilansir dari nhk, Kamis (4/1/2018).

Ekonom juga mengatakan bahwa belanja konsumen akan meningkat, karena pasar kerja yang terus membaik.

Sepuluh think tank memproyeksikan produk domestik bruto (PDB/GDP), Jepang diperikan akan meningkat antara 1 sampai 1,3 persen. Harga riilnya disesuaikan dengan harga tahun fiskal 2018, yang dimulai pada bulan April mendatang.

Perekonomian Jepang mulai membaik pada Desember 2012. Jika ekonomi terus berkembang sepanjang tahun, itu akan menjadi periode pemulihan terpanjang sejak berakhirnya Perang Dunia Kedua.

Namun kenaikan upah dikabarkan melampaui kinerja perusahaan dan harga saham. Ekonom mengatakan kuncinya adalah apakah dampak pemulihan ekonomi dirasakan banyak negara di seluruh negeri melalui kenaikan upah?

Mereka juga menunjukkan beberapa kemungkinan gundukan bagi ekonomi global. Tantangannya termasuk apakah dapat menurunkan ketergantungannya pada ekspor dan mencapai pertumbuhan didorong permintaan domestik. (dewi)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar