Home Breaking News DPR: Jangan Korupsi Dana Desa!

DPR: Jangan Korupsi Dana Desa!

152
Seorang kasir bank menyandingkan rupiah dengan dolar AS. (Foto: Istimewa)

JAKARTA,CITRAINDONESIA.COM- Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta tujuh Gubernur dan 202 Bupati dan Walikota terpilih akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (17/2/2016) bisa mengoptimalkan penyerapan dana APBD dan Dana Desa. Jangan dikorupsi!

“Di APBN 2016 ini ada transfer dana ke daerah dan dana desa yang cukup besar yakni Rp770 triliun. Kepala Daerah yang baru harus mampu mengoptimalkan penyerapan dana tersebut untuk membangun kesejahteraan di daerah” kata Anggota Komisi II Hetifah dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (15/2/2016).

Menurutnya, mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan dana perlu adanya pendampingan, baik pendampingan penggunaan dana daerah maupun dana desa.

Selain itu, partisipasi aktif masyarakat juga menjadi hal terpenting untuk mengoptimalkan penggunaan dana tersebut.

“Mungkin ada kebijakan Gubernur, Bupati atau Walikota sebetulnya untuk kepentingan rakyatnya. Tetapi karena kebijakan tersebut tidak sesuai dengan regulasi, Kepala Daerah dianggap melakukan penyelewengan dan bahkan korupsi. Untuk itu perlu pendampingan,” terang Hetifah yang juga Anggota Badan Anggaran DPR RI.

Sebelumnya pemerintah menyarankan adanya pendamping asisten nasional untuk mendukung Kepala Daerah dalam mengelolah dana daerah dan dana desa tersebut.

Sekedar diketahui bahwa Pemerintah dan DPR RI sepakat menaikkan alokasi Dana Desa, dari semula Rp20,76 triliun di 2015 jadi Rp46,9 triliun pada tahun 2016. (Rid)

Komentar

Komentar