Home INTERNASIONAL Dituduh Akan Makar, Pemerintah Turki Tangkap Puluhan Perwira Polisi

Dituduh Akan Makar, Pemerintah Turki Tangkap Puluhan Perwira Polisi

64
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (bbc)

ANKARA, CITRAINDONESIA.COM- Pemerintah Turki, Senin (1/9/2014), menangkap puluhan perwira polisi dalam sebuah penggrebekan yang dilakukan di 16 koa, termasuk Istambul dan Provinsi Izmir.

Polisi-polisi itu dituduh tengah bermufakat untuk melakukan makar dengan menggulingkan pemerintahan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

“Sedikitnya 20 perwira polisi ditangkap dan ditahan dalam penggerebekan tersebut,” demikian dilansir AFP dari stasiun televisi NTV.

Salah satu para perwira yang ditangkap adalah Yakup Saygili, mantan komandan unit anti-penipuan kepolisian.

Penggerebekan ini merupakan yang keempat sejak Juli, sejak setelah pemerintah Turki mencoba menghancurkan apa yang disebut Erdogan sebagai sebuah “negara paralel” di dalam tubuh pasukan keamanan yang berusaha menjungkalkan kekuasaannya.

Surat penahanan diterbitkan untuk setidaknya 34 orang perwira polisi yang dituding melakukan serangkaian pelanggaran, termasuk menyadap pembicaraan para pejabat tinggi dan mencoba melakukan makar.

Sejak Juli lalu, puluhan polisi sudah ditangkap terkait penyelidikan skandal korupsi dan penyadapan terhadap sejumlah orang dekat Erdogan. (kris)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar