Home Breaking News Diteken MoU Pembayaran Ongkos Transportasi Elektronik

Diteken MoU Pembayaran Ongkos Transportasi Elektronik

151
Kereta api di Banglades ini ibarat pohon buahnya sangat lebat. Bahaya!

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Bank Indonesia , Kementerian Perhubungan dan Pemda DKI Jakarta teken MoU sistem pembayaran ongkos transportasi terintegrasi secara elektronik antar moda di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

“Diharapkan, sistem ini mendorong penggunaan transportasi publik,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Rabu (6/9/2017).

Memang transportasi publik ini sangat diperlukan mengurangi kemacetan semakin parah. Bahwa di ibukota ini ada 13,9 juta kendaraan roda dua, 3,5 juta kendaraan roda empat, melebihi jumlah penduduk DKI Jakarta sekitar 10,1 juta jiwa.

“Kalau ini dibiarkan ke depannya, bisa dibayangkan keluar rumah kita¬† mengalami stagnasi,” jelasnya menambahkan

Sementara itu Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakanpergerakan transportasi Jabodetabek 40 juta. Hanya 24 persen penduduk naik angkutan umum.

Menurutnya, Comuterline bisa mengakomodir 1 juta pelanggan dan Transjakarta 400 ribu pelanggan. Diharpkan ke depan dibantu MRT (Mass Rapid Transit) dan LRT (Light Rail Transit) bula sudah rampung.

Gubernur BI, Agus Martowardoyo mengatakan, ada tiga pedoman penerapan pengintegrasian sistem pembayaran transportasi, yakni, uang elektronik yang menggantikan tiket agar pembayaran aman, akurat praktis dan cepat dalam pemprosesan.

“Ini menciptakan layanan yang semakin efisien dan nyaman bagi masyarakat,” ujarnya. (dewi)

Komentar

Komentar