Home Breaking News Disayangkan Rawa Lebak Banyak Mubajir

Disayangkan Rawa Lebak Banyak Mubajir

90
Mentan tertawa lebar ketika memasuki rawa- rawa Lebak untuk panen raya di Kaltim 15 Novenmber 2017. Foto Makmur.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI, Pending Dadih Permana menyayangkan masih banyaknya rawa lebak mubazir tidak digarap jadi potensi lumbung pangan.

‘Peluang membangun lumbung pangan ada di lahan rawa, untuk itu perlu ditangani dengan baik’ kata Pending Dadih di Jakarta, Kamis (8/2/2018).

Menurutnya, luas lahan rawa di Indonesia menurut data yang tercatat di Badan Litbang Pertanian mencapai 34,4 juta hektar, terdiri dari lahan pasang surut seluas 20,1 juta hektar dan lahan rawa lebak seluas 13 juta hektar.

Dirinya optimis bila lahan rawa ini bisa dikelola dengan baik, memberikan provitas dan peningkatan intensitas pertanaman (IP) sehingga cita-cita menjadi lumbung pangan dunia bisa terwujud.

Optimasi lahan rawa difokuskan peningkatan provitas dan peningkatan intensitas pertanaman (IP). Saat ini intensitas pertanaman di lahan rawa rata-rata baru satu kali tanam (IP 100).

‘Sering terjadinya air pasang di areal pertanaman yang tidak segera surut, membuat bibit terlambat tanam. Bahkan daerah tertentu sampai tiga kali pembibitan. Hal ini mengakibatkan biaya produksi bertambah besar’, terang Pending. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar