Home Breaking News Direktur Buflo : Panen Raya Padi di Magelang Berlimpah!

Direktur Buflo : Panen Raya Padi di Magelang Berlimpah!

139
Panen Raya para Petani Magelang dihadiri Direktur Buah dan Florikuktura Sarwo Eddy serta unsur terkait Kabupaten Magelang. Foto Ningsih.

MAGELANG, CITRAINDONESIA. COM- Surplus produksi Padi atau Beras di Magelang. Dan hari ini, dilakukan panen raya padi di Kabupaten Magelang. Tepatnya di dua desa yakni Pager Sari, Kecamatan Mungkid dan Desa Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jateng.

‘Luasan sekitar 14 hektar dari total luas panen Januari 2018 di luas lahan Kabupaten Magelang 3.652 hektar, dengan produktivitas 6,3, ton, sehingga dapat diperoleh hasil 21.380 ton GKG setara 13.512 ton beras‘,  kata Sarwo Edhy, Direktur Buah dan Florikuktura (Buflo) di Magelang, Kamis (11/1/2017).

Dirinya mengatakan biasanya pada Januari 2018 selalu memasuki musim paceklik, namun saat ini sejak dilakukannya manajemen tanam mendongkrak produksi di beberapa daerah sentral beras, pada akhirnya membuat pasokan ke konsumen aman dan bahkan harga beras terkendali.

‘Dengan dibuatnya manajemen tanam membuat produksi padi lebih tertata dan pasokanpun dapat terkendali, tidak ada paceklik, serta adanya dukungan penuh pemerintahan pusat – daerah bersinergi menjamin bahkan meningktkan produksi padi’, terangnya.

Selain itu juga beberapa bantuan yang telah diberikan pemerintah pusat seperti pompa air, traktor, benih berkualitas dan rehabilitasu jaringan saluran irigasi tersier, embung dan lainnya tersebut membuat Kabupaten Magelang produksinya menjadi meningkat.

Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Wijayanti juga mengatakan semenjak adanya Upsus Padi, Jagung dan Kedelai (Upsus Pajale) membuat produktivitas di Kabupaten Magelang terus meningkat dibandingkan sebelumnya.

‘Dulu sebelum ada upsus Pajale itu produktivitas hanya 80-100 ton sekarang meningkat menjadi 50 persennya. Kabupaten Magelang rata-rata kebutuhan beras 11.583 ton perbulan’, jelas Wijayanti.

Terkait hal tersebut, petani desa Sawangan Kecamatan Sawangan dan selaku Kepala Gapoktan juga mengungkapkan bantuan yang selama ini diberikan oleh pemerintah pusat benar-benar sangat membantu dan membuat tanaman padi dapat berhasil dipanen dengan hasil 6,2 ton perhektar.

‘Dulu saat musim paceklik seperti ini produktivitasnya hanya 5,9 ton per hektar, sekarang mningkat jadi 6,2 ton per hektare. Terima kasih untuk program pemerintah membuat hasil panen petani saat ini lebih bagus dibandingkan sebelumnya’, terang Eko Tumirianto.

Berdasarkan data Kementerian Pertanian, luas tanam padi secara nasional pada Desember 2017 mencapau 2,25 juta hektare lebih tinggi 68 hektare dibandingkan Desember 2016 dan total panen padi nasional dibukan Januari 2018 ini seluas 916.028 hektar dengan hasil mencapai 620.690 ton GKG (setara beras 389.421 ton).

‘Hal tersebut membuktikan bahwa produktivitas beras saat ini sangat berlimpah dan Indonesia tidak membutuhkan impor beras’, imbuh Sarwo Edhy.

Panen raya tersebut juga dihadiri Sekda Kabupaten Magelang, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang, Dandim 0705 Magelang, Koramil Sawangan, Polsek Sawangan, Camat Desa Pager Sari dan Sawangan serta Lurah Desa Pager Sari dan Sawangan. (Ning)

 

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar