Home Breaking News Diluncurkan Kartu Tani Serap Gabah dan Percepatan Tanam

Diluncurkan Kartu Tani Serap Gabah dan Percepatan Tanam

211
Mentan Andi Amran Sulaiman tampak sumringan saat Panen Raya dan Peluncuran Kartu Tani Indonesia bersama Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah), Mendes PDT Eko dan Wagub Jabar Deddy Mizwar di Ciamis 9 Oktober 2017.

CIAMIAS, CITRAINDONESIA.COM- “Kami atas arahan Bapak Presiden (Jokowi), Negara harusĀ hadir di sisi Petani. Jangan biarkan petani jalan sendiri,” tegas Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat meluncurkan Kartu Tani, Serapan Gabah dan Percepatan Tanam Padi di Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis, Jawa Barat, Senin (9/10/2017).

Panen Raya Padi dan Percepatan Tanam Padi ini dihadiri Menteri BUMN Rini Soemarno, Mendes PDT Eko Putro Sandjojo, Wagub Jabar, Dedy Mizwar dan lainnya.

“Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN danĀ  Kemendes PDT adalah segitiga sama sisi yang tidak bisa dipisahkan,” tambah Amran menegaskan.

Panen raya Padi ini berada di atas hamparan Sawah 740 hektar, produktivitasnya rata-rata 8.ton/ha. Dan sekedar tahu, Provinsi Jawa Barat, salah satu wilayah sentra produksi padi nasional. Tahun 2016 lalu misalnya mampu memasok 43,7 persen dari produksi gabah nasional sekitar 79.351, 861 juta ton.

“Kita patut bersyukur dan alhamdulilllah, hujan sudah turun merata, sepanjang perjalalanan kami tadi dengan Menteri Bumn, kami melihat hamparan yag sudah ditanami, sedangkan di sini kita baru saja panen, maka kita optimis tahun ini tidak ada paceklik produksi padi nasional,” jelas Amran.

Sementara Wakil Gubernur Jabar, Dedy Mizwar, berterimakasi kepada pemerintah pusat. “Di saat animo masyarakat tani hampir pada puncak ketidakpercayaan bertani, ditambah perubahan iklim dan pasar bebas, Mentan (Amran) datang membawa angin segar, membangkitkan semangat petani dan ini dibuktikan dengan capaian Jawa Barat tertinggi untuk luas tambah tanam dan produksi gabah nasional,” katanya.

Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo, juga mendukung semua kegiatan pembangunan di desa. “Pak Amran Sulaiman menjadi motivator dalam kolaborasi membangun desa karena 82 persen masyarakat desa kita adalah petani. Demikian juga Menteri BUMN membantu Bumdes melalui dana CSR BUMN juga hari ini kita launching Kartu Tani, ini arahan bapak Presiden (Jokowi) agar keuntungan BUMN dapat dinikmati masyarakat,” jelasnya.

Menteri BUMN, Rini Soemarno, mengatakan : “Semua kebijakan dilakukan sinergi atas arahan Presiden (Jokowi). Selama ini BUMN melakukan kegiatan masyarakat tani, ada BULOG, PT. SHS, PT. PERTANI. Harus mensejahterakan rakyat. Karena BUMN itu milik Rakyat, seperti sekarang ini, HIMBARA (Himpunan Bank Negara) menambah kegiatan dengan Kartu Tani, yang dilsunching untuk jawa barat hari ini,” katanya. (dewi)

 

Komentar

Komentar