Home Breaking News Diharapkan Kedatangan Obama Bikin Khas Pecicik Jadi Populer

Diharapkan Kedatangan Obama Bikin Khas Pecicik Jadi Populer

139
Obama saat kunjungi Yogyakarta, Kamis (29/6/2017).

YOGYAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Ke-44 Barack Obama ke Puncak Becici, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Kamis (29/6/2017) siang, diharapkan bikin khas pecicik jadi poluper, baik dari segi pariwisata maupun kulinernya.

“Semoga destinasi yang kami kelola bisa mendunia setelah dikunjungi beliau,” ujar Ketua Operator Kawasan Puncak Becici, Sugandi mengaku bangga dengan kunjungan Mantan Presiden AS tersebut, Kamis (29/6/2017).

Sugandi mengaku tidak ada persiapan khusus dalam menyambut Obama. Pihaknya hanya membersihkan kawasan obyek wisata, menambah pot bunga, dan petugas internal. Pada musim libur biasa, jumlah petugas sebanyak 40 orang, ditambah menjadi 50 orang.

Selama kunjungan, Obama tidak berinteraksi dengan penduduk atau pengelola. Sebab, Obama dan keluarga hanya melihat-lihat pemandangan di puncak dengan ketinggian 380 mdpl ini selama 15 menit.

Sugandi pun meminta maaf kepada pengunjung lokal. Kehadiran Obama membuatnya kurang memperhatikan kenyamanan pengunjung lokal. “Kami selaku pengelola meminta maaf, karena kekurangnyamanan ini,” ujarnya.

Lokasi Puncak Becici dikelola 40 warga sekitar sejak tahun 2015. Sebelum dikenal sebagai tempat wisata, Puncak Becici merupakan hutan pinus yang disadap getahnya. Namun setelah dikelola menjadi tempat wisata pada 2015 lalu, aktivitas penyadapan getah pun berhenti.

Sedangkan warga yang tadinya menyadap getah, kini beralih profesi menjadi pengelola wisata Puncak Becici seluas 4,4 hektar ini.

Selain berkunjung ke Puncak Pecicik, mantan orang nomor satu di AS itu terlihat sangat menikmati wisata kuliner Bumi Langit di Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti menu mi lethek, urap bali, sop ikan gurami, minuman fermentasi bernama kamboja, dan menu lainnya.

Bumi Langit merupakan tempat makan yang terletak di Jalan Imogiri-Mangunan, Bantul. Tempat itu menjadi pilihan Barack Obama dan keluarganya untuk santap siang seusai berwisata ke Puncak Becici.

“Dari semua menu yang disajikan, Obama paling sering bolak-balik ke meja mi lethek yang bahannya kami ambil dari Srandakan Bantul,” ujar Iskandar Waworuntu, pemilik Bumi Langit. (*)

Komentar

Komentar