Home EKUIN P3DN Desain Produk Dorong Kinerja Ekspor

Desain Produk Dorong Kinerja Ekspor

232
Dirjen PEN, Kemendag, Arlinda Imbang Jaya (tengah). Foto humas.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Ini upaya Kementerian Perdagangan meningkatkan nilai ekspor dengan mendorong daya saing dan nilai tambah produknya. Bahwa, melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), menyepakati nota kesepahaman “Pendampingan dalam Peningkatan Nilai Tambah Produk Ekspor Berbasis Desain” dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD ITB).

“Produk ekspor yang berdaya saing dan bernilai tambah dapat dilakukan melalui pengembangan desain produk, kemasan, branding, dan sertifikasi. Dengan kerja sama ini, kita tidak hanya berupaya meningkatkan pembinaan dan pengembangan produk pelaku usaha ekspor berbasis desain, tetapi juga sebagai dasar untuk peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang
desain, purwa rupa, dan promosi,” ujar Dirjen PEN Arlinda.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan Direktur Jenderal PEN Arlinda dan Dekan FSRD ITB Imam Santosa di Indonesia Design Development Center (IDDC), Gedung Balai Besar Pendidikan dan
Pelatihan Ekspor Indonesia (BBPPEI), Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Kerja sama yang disetujui meliputi pengembangan desain bagi pelaku usaha melalui pemanfaatan informasi online sehingga pelaku usaha dapat menelusuri tren desain dan informasi pasar.

Kerja sama juga dilakukan dalam pengembangan produk ekspor berbasis desain melalui program Layanan Pengembangan Desain (Designers Dispatch Service/DDS) dan peningkatan kapasitas SDM di bidang desain melalui penyelenggaraan seminar, lokakarya, lomba desain, dan kegiatan lain
termasuk pengembangan kemitraan bagi pelaku usaha ekspor berbasis desain.

“Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan bentuk sinergi antara pemerintah dengan dunia akademis dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui penciptaan produk bernilai tambah dan berdaya saing berbasis desain,” lanjut Arlinda.

Dia mengharapkan kerja sama ini dapat menjadi sarana bagi mahasiswa desain untuk mengaplikasikan ilmunya dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing global.

Selain itu, diharapkan kerja sama ini juga mampu mendorong desainer pusat dan daerah untuk mengembangkan produk potensi daerah berbasis desain sehingga menghasilkan produk unggulan yang berkualitas dan siap untuk masuk ke pasar global. (friz)

Komentar

Komentar