Home Breaking News China Desak Afrika Batalkan Kunjungan Dalai Lama

China Desak Afrika Batalkan Kunjungan Dalai Lama

45
Mesra pertemuan Presiden Obama dengan Dalai Lama.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- China “kok bisa- bisanya campuri negeri orang” supaya pemerintah Botswana, Afrika Selatan membatalkan rencana kedatangan pemimpin spiritual Tibet diasingkan, Dalai Lama.

Kantor Presiden Botswana, Ian Khama mengatakan pekan lalu bahwa Dalai Lama diundang ke sebuah konferensi hak asasi manusia di kota Gaborone pada pertengahan Agustus.

Kantor tersebut menambahkan bahwa Dalai Lama juga dijadwalkan bertemu dengan Presiden Khama.

Sebelumnya pada konferensi pers Jumat, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Geng Shuang menyebutkan Dalai Lama, mencari otonomi lebih besar untuk Tibet.

Geng mengatakan “China dengan tegas menentang perjalanan Dalai ke negara manapun untuk kegiatan yang bertujuan untuk membelah China dalam kapasitas atau nama apapun, dan kontak dengan pejabat manapun dalam bentuk apapun di negara manapun.”

China meningkatkan pengaruhnya di Afrika dengan mempercepat ekspansi ekonominya di benua ini.

Tetangga Botswana, Afrika Selatan, menentang kritik domestik dan internasional yang berulang kali menolak visa Dalai Lama.

Hubungan ekonomi Botswana dengan China juga semakin dalam karena perusahaan China berinvestasi di infrastruktur negara, seperti pembangkit listrik.

Tapi pemerintah Botswana tidak selalu mendukung China. Tahun lalu, ada sebuah pernyataan menyindir kritik Beijing atas sengketa teritorial di Laut Cina Selatan. (nhk/ling)

Komentar

Komentar