Home Pariwisata Transportasi Cara Korlantas Polri Atasi Macet Tol Brexit Arus Mudik Idul Adha

Cara Korlantas Polri Atasi Macet Tol Brexit Arus Mudik Idul Adha

177
Kakorlantas pantau arus mudik H-1 exit tol Brebes- Kaligangsa lancar, Sabtu (24/6/2017). Photo ntmc polri.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menjelang arus mudik Adul Adha, Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengusulkan kepada pihak jalan tol menyediakan lahan tambahan di lokasi dekat rest area mengantisipasi meluapnya kendaraan lokasi itu.

“Kendaraan yang parkir disekitar rest area itu menyebabkan macet. kalau sudah macet butuh waktu sekita 1 hingga 2 jam untuk menkondusifkan kembali,” ujar Kakorlantas seperti dilansir dari ntmc polri.

Kakorlantas mengatakan, rest area tambahan atau fungsional untuk lokasinya tidak jauh atau berdekatan dengan rest area krusial atau rest area yang sudah ada selama ini.

Seperti di Tol Brexit itu kata dia, ada yang berhenti KM 208, kemudian KM 166, KM 131 dan KM 102.

Namun, karena letaknya di area krusial, sering kali terjadi lonjakan kendaraan yang masuk ingin masuk ke rest area. Sehingga, banyak kendaraan yang menggunakan bahu jalan untuk parkir.

Tol fungsional Kaligangsa hingga Gringsing pada lebaran Idul Fitri tahun depan sudah jadi dan sudah bisa digunakan oleh para pemudik.

“Tapi rest areanya belum. Perlu ada penambahan kapasitas, maka perlu rest areafungsional,” ujarnya.

Penambahan tol fungsional itu bertujuan agar tidak terjadi kemacetan dan penumpukan kendaraan di rest area pada perayaan mudik lebaran Idul Fitri 2018 mendatang.

Untuk itu, Royke telah menyampaikan persoalan ini kepada pihak terkait agar dapat ditindaklanjuti dengan baik agar ke depannya pengaturan arus kendaraan saat mudik berjalan dengan lancar. (ling)

Komentar

Komentar