Home INTERNASIONAL “Cabut Nobel Aung San Suu Kyi”

“Cabut Nobel Aung San Suu Kyi”

170
Demo anti Aung San Suu Kyi di Indonesai marak terkait aksi pembantaian ribuan etnis Rohingya. bbc

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Komite Hadiah Nobel Perdamaian di Oslo diminta mengubah peraturan internal sehingga Nobel Perdamaian untuk Aung San Suu Kyi bisa dicabut karena dianggap tak berbuat banyak untuk mengatasi krisis Rohingya di Rakhine, Myanmar.

Petisi pencabutan Nobel yang diterima Aung San Suu Kyi pada 1991 tersebut hingga Senin (11/09/2017) siang mencapai hampir 500.000 tanda tangan.

Rencananya petisi ini akan disampaikan ke Komite di Oslo begitu melewati batas setengah juta pendukung, kata salah seorang inisiator petisi Agus Sari.

“Kami berencana menyerahkan langsung petisi ini ke Komite Nobel pada saatnya nanti. Kami sadar bahwa mereka sudah mengatakan tidak bisa mencabut Nobel (untuk Aung San Suu Kyi), tapi yang ingin kami sampaikan adalah Aung San Suu Kyi tidak layak menerimnya,” kata BBC Indonesia.

“Yang penting ada kesadaran publik bahwa perlu ada tekanan besar kepada Aung San Suu Kyi dan penguasa militer untuk menghentikan krisis kemanusiaan di Rakhine,” katanya.

Sebelumnya, Jonna Petterson dari Kantor Komite Nobel, kepada BBC Indonesia mengatakan, “Berdasarkan anggaran dasar kami, Hadiah Nobel tidak dapat dicabut.” (*)

Komentar

Komentar