Home Breaking News Cabai Mahal, Mentan Canangkan Gertam Cabai 50 Juta Polybag

Cabai Mahal, Mentan Canangkan Gertam Cabai 50 Juta Polybag

153
Cabai kriting unggul.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Lonjakan harga cabai di tanah air menjadi perhatian serius Kementerian Pertanian (Kementan). Sehingga, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mencanangkan program Gerakan Tanam (Gertam) Cabai Nasional dengan target penanaman sebanyak 50 juta polybag.

“Sebagai realisasinya sebanyak 10 juta polybag benih cabai akan dibagikan oleh Kementerian Pertanian kepada kaum ibu di berbagai daerah. Program tersebut diharapkan mampu berkontribusi secara signifikan terhadap ketahanan pangan masyarakat khususnya dalam pemenuhan kebutuhan cabai,” katanya, kata Kepala Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar Ir. Syafaruddin, Ph.D. di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Badan Litbang Pertanian melalui Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis Kementan dengan didukung oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) menyusun nota kesepahaman dengan pemerintahan daerah (Pemda) dimana Balittri berlokasi, yaitu Pemda Kabupaten Sukabumi.

“Tujuan dari penandatanganan nota kesepahaman ini adalah untuk secara bersama menggerakkan kaum ibu dalam bertanam cabai di lahan pekarangan di wilayah kerja masing-masing. Pihak-pihak yang diajak bekerjasama adalah Kodim 0607/Kota Sukabumi, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi, dan salah satu Kecamatan di wilayah Kabupaten Sukabumi, yaitu Kecamatan Parungkuda,” jelasnya.

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilaksanakan beberapa waktu lalu Senin, tanggal 13 Maret 2017, bertempat di ruang pertemuan Balittri. Hadir dalam acara penandatanganan nota kesepahaman yang bertajuk “Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Gizi Keluarga melalui Optimalisasi Tanaman Pekarangan”, antara lain Komandan Kodim 0607/Kota Sukabumi Mohammad Mahfud As’at SIP, Kepala Balittri Ir. Syafaruddin, Ph.D., Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sukabumi Dr. H. Hilmy Riva’I, M.Pd., dan Camat Kecamatan Parungkuda Drs. H. Aep Syaefullah, M.Si.

“Dalam perjanjian kerja sama yang berjangka waktu 1 tahun ini, pihak Puslitbangbun dan Balittri pada tahap awal menyediakan sebanyak 15.000 polybag benih cabai yang siap dibagikan. Kepada masing-masing pihak penandatangan nota kesepahaman diberikan 5.000 polybag benih cabai siap tanam,” paparnya.

Selanjutnya pihak Kodim 0607/Kota Sukabumi membagikan benih cabai ke Persit Kodim 0607/Kota Sukabumi, pihak Kemenag Kab. Sukabumi membagikan ke Pesantren binaan, dan Camat Parungkuda membagikan ke ibu-ibu PKK di wilayah Kecamatan Parungkuda. (Ning)

Komentar

Komentar