Home Breaking News BPPI Terus Dorong Penerapan Teknologi Industri

BPPI Terus Dorong Penerapan Teknologi Industri

3388
Menko PMK Puan Maharani, Mendagri, Menkes dan Kepala Balitbang Kemenperin Ngakan.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menyusul The Global Competitiveness Report 2017-2018 yang dirilis World Economic Forum (WEF), tingkat inovasi di Indonesia berada pada tangga ke-31, pemerintah terus mendorong kesiapan penerapan teknologi di sektor industri.  Kesiapterapan teknologi Indonesia berada di angka ke-80 dari 137 negara yang dinilai.

“Diperlukan upaya pelengkap untuk memastikan bahwa lebih banyak orang dan perusahaan memiliki sarana dalam mengakses dan menggunakan teknologi baru,” kata Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara di Jakarta, Rabu (4/10/2017).

Menurut Ngakan, faktor yang mempengaruhi terhadap tingkat kesiapterapan teknologi, antara lain ketersediaan teknologi terbaru, penyerapan teknologi di perusahaan, dan transfer teknologi dari investasi langsung pemodal asing.

Selain itu, penggunaan internet setiap individu, langganan internet broadband tetap, bandwidth internet internasional, dan mobile broadband.

“Hal tersebut diharapkan menjadi sarana penghubung bagi user dengan inventor dalam memberikan feedback untuk inovasi lebih lanjut,” ujarnya.

Adapun langkah strategis telah dilakukan Kemenperin menunjang kesiapterapan teknologi di dalam negeri, di antaranya mendorong pengembangan teknologi informasi komunikasi dengan menjadikan industri elektronika dan telematika sebagai sektor andalan nasional.

“Pada tahun 2015-2019, sektor industri yang akan dikembangkan salah satunya terkait transmisi telekomunikasi dan smart mobile phone,” jelasnya.

 

Komentar

Komentar