Home Breaking News BPPI Naikkan Citra Kopi Dimata Dunia

BPPI Naikkan Citra Kopi Dimata Dunia

83
ilustrasi "kopiku mantap" foto.google

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menaikkan citra Kopi Indonesia di mata dunia, salah satu core Balai Riset dan Standardisasi Industri Palembang (BIPA). Maklum, daerah ini penghasil Kopi olahan untuk konsumen lokal dan yang berorientasi eksport.

“BIPA turut berupaya menaikkan citra kopi Sumatera Selatan melalui program hilirisasi. Apalagi, sebagai produsen kopi terbanyak di Indonesia,” kata Kepala BIPA, Quri Siti Mirah sesuai keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu (3/12/2017). Kegiatan lain yang dilakukan BIPA adalah sosialisasi SNI kopi.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim, nilai ekspor kopi Indonesia pada Januari-November 2015 meningkat sebesar 19,4%.

“Nilai ekspor kopi Indonesia ke dunia meningkat 19,4% sebesar USD$1,12 miliar jika dibanding periode yang sama pada 2014,” ungkap Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak, di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Selain komoditas Kopi, BIPA juga fokus pada pengembangan teknologi dalam memproses produksi Karet sehingga kualitasnya semakin bagus agar lebih berdayasaing di pasaran.

Pasalnya kata Quri, wilayah Sumatera Selatan merupakan potensi penghasil terbesar bagi dua komoditas tersebut.

Hasilnya? Beberapa riset dari BIPA, di antaranya karet otomotif, aspal berkaret, karet untuk bahan bangunan, karet untuk alat kesehatan, dan ban vulkanisir.

Prototipe produk-produk tersebut mempunyai kualitas produk sesuai SNI dengan biaya produksi yang bersaing.

Menurut Quri, dengan kian meningkatnya peran standardisasi dalam industri, semakin tinggi pula permintaan layanan jasa sertifikasi dan pengujian.

“Untuk menjawab tingginya permintaan tersebut, BIPA mengadakan business gathering beberapa waktu lalu dalam rangka mempromosikan jasa layanan teknis BIPA,” imbuhnya. (linda)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar