Home Breaking News BoE Naikkan Suku Bunga Jaga Inflasi

BoE Naikkan Suku Bunga Jaga Inflasi

89
Nilai tukar mata uang asing. reuters.

LONDON, CITRAINDONESIA.COM- Bank of England (BoE), kemungkinan akan menaikkan suku bunga lagi demi mengatasi tingkat kenaikan inflasi.

‘Namun tidak melakukannya secara agresif‘, kata kepala ekonom bank sentral tersebut dalam sebuah artikel surat kabar yang dipublikasikan pada Minggu (11/2/2018).

Andy Haldane, dalam sebuah kunjungan ke Inggris timur laut, merujuk pada pernyataan BoE setelah pertemuan kebijakannya pada Kamis lalu, bahwa suku bunga kemungkinan akan naik agak cepat dan tinggi dari yang diperkirakan sebelumnya.

‘Kami memiliki mata yang kuat terhadap perkembangan inflasi, dan saat ini berada di depan target kami’, tulis surat kabar Newcastle Chronicle melaporkan kepadanya.

‘Itulah mengapa kami menaikkan suku bunga dulu dan mengapa … kami mengatakan bahwa, mengenai perkiraan probabilitas, nampaknya ada beberapa kebijakan pengetatan lebih lanjut yang diperlukan selama periode di depan’, tambahnya.

Bank sentral menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam lebih dari satu dekade di bulan November.

Pasar keuangan sekarang melihat sekitar 70 persen kemungkinan kenaikan 25 basis poin di bulan Mei, yang akan membawa suku bunga utama BoE menjadi 0,75 persen.

Setiap tingkat suku bunga naik selama tahun depan akan menjadi kecil, surat kabar tersebut melaporkan Haldane mengatakan.

‘Kami tidak terburu-buru, harga tidak akan kembali ke tingkat yang pernah kami lihat di masa lalu, namun tetap menjaga biaya hidup terkendali, kami pikir, hal terbaik dan terpenting yang bisa kami lakukan untuk membantu ekonomi’, katanya seperti dikutip reuters.

Inflasi harga konsumen Inggris menyentuh level tertinggi di lebih dari lima tahun pada 3,1 persen pada bulan November dan perkiraan bank sentral akan memakan waktu lebih dari tiga tahun untuk kembali ke target 2 persen jika tidak menaikkan suku bunganya. (linda)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar