Home EKUIN P3DN BNI Bantu Program Hilirisasi Kakao di Makssar

BNI Bantu Program Hilirisasi Kakao di Makssar

378
Ilustrasi, (Foto: istimewa)

MAKASSAR, CITRAINDONESIA.COM- Program hilirisasi sejumlah sektor potensial di Sulawesi Selatan melibatkan industri perbankan.

“Kami harap skema kerjasama ini bisa berjalan efektif mulai tahun depan, yang mana BNI nantinya tidak hanya mendukung dari sisi penyaluran kredit tetapi juga pengembangan kualitas pelaku UKM yang berbasis hilirisasi,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel Hadi Basalamah usai penandatanganan MoU Pemprov Sulsel dan BNI, Kamis (29/12/2016).

Hadi menjelaskan, segera verifikasi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) potensial di Sulsel memiliki potensi hilirisasi atau pengolahan komoditas unggulan lebih memiliki nilai tambah.

Dalam jangka panjang, lanjutnya, kepada bisnis, jalinan kerjasama tersebut merupakan pula rangkaian program doversifikasi komoditas ekspor yang selama ini berbentuk raw material menjadi barang jadi dengan nilai lebih tinggi.

Kakao;

Sesuai RPJMD, produksi kakao 2018 daerah ini mencapai 300.000 ton atau setara Rp9,6 triliun.

Rumput laut 4,28 juta ton seiring dengan pengembangan sektor hulu yang dilakukan secara simultan dengan pengembangan hilirisasi industri.

Pemimpin BNI Wilayah Makassar, Slamet Djumantoro mengatakan ruang lingkup kerjasama tersebut tidak hanya berfokus pada hilirisasi sektor agroindustri dan pertambangan, tetapi juga mencakup peningkatan SDM serta fasilitasi promosi produk UKM.

“Jadi kami tidak hanya menyalurkan pinjaman untuk hilirisasi kepada UKM, namun juga pendampingan secara berkelanjutan hingga kerjasama dalam bidang penelitian, modernisasi alat produksi serta mendorong serifikasi produk yang dihasilkan,” ujarnya. (*)

 

Komentar

Komentar