Home Breaking News Big Island Hawaii Darurat Demam Berdarah

Big Island Hawaii Darurat Demam Berdarah

144
Turis bersantai di pantai Bis Island yang indah. (Foto: Reuters)

HAWAII, CITRAINDONESIA.COM- Walikota Big Island, Negara Bagian Hawaii, AS, Senin (8/2/2016) waktu setempat mengumumkan bahwa wilayahnya dalam kondisi darurat demam berdarah.

“Status itu diumumkan menyusul ditemukannya 250 kasus yang disebabkan gigitan nyamuk itu dalam empat bulan terakhir,” demikian dilansir Reuters, Rabu (10/2/2016).

Menyusul penetapan status itu, Walikota bernama Billy Kinoi itu melarang siapa pun, termasuk turis, untuk membuang ban bekas di tempat pembuangan sampah karena dapat menjadi tempat berkembangnya nyamuk penyebar demam berdarah.

Pejabat Kesehatan Hawaii menjelaskan, ke-250 kasus penyakit ini ditemukan di Big Island sejak 29 Oktober, dan dianggap terbesar sejak 1940-an.

Demam berdarah menyebabkan gejala flu dan dapat berkembang menjadi penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang mematikan.

Gubernur Hawaii David Ige mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ia mendukung upaya di Big Island, tetapi tidak akan mengeluarkan pernyataan darurat di seluruh negara bagian. Kecuali wabah menyebar ke pulau-pulau lain atau diperluas untuk mencakup penyakit lain, seperti virus Zika.

Zika menyebar dengan cepat di Amerika Selatan dan Tengah dan Karibia dan telah dikaitkan dengan cacat lahir parah di Brasil.

Bulan lalu, seorang bayi lahir dengan kerusakan otak di sebuah rumah sakit di Oahu, Hawaii.

Pejabat kesehatan mengatakan, ini merupakan kasus pertama virus Zika di AS.

Demam berdarah tidak endemik di Hawaii, tetapi kadang-kadang menyebar setelah karena “diimpor” wisatawan terinfeksi.

“Wabah di Big Island adalah cluster pertama demam berdarah lokal yang diperoleh sejak wabah 2011 di Oahu, Hawaii,” jelas Departemen Kesehatan. (man)

Komentar

Komentar