Home Breaking News BI Stop Paytren Ustadz Yusuf Mansyur

BI Stop Paytren Ustadz Yusuf Mansyur

3251
Yusuf Mansur Komisaris Paytren, salim Ketua MUI KH Maruf Amin dan lainnya.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Bank Indonesia (BI), resmi stop bisnis keuangan Paytren milik kondang Ustadz Yusuf Mansyur.

“Kalau melakukan bisnis uang elektronik ya harus tertib meminta izin dulu dengan BI. Kalau bicara waktu, 90 hari sudah direspons,” tegas Gubernur BI Agus Martowardojo di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Selain usaha keuangan Ustadz Yusuf Mansyur, BI juga stop layanan tambah saldo (top up) beberapa perusahaan produk uang elektronik.

“Ini kan kegiatan e-commerce dan pada saat e-commerce, mereka menyediakan platform, terjadinya jual beli,” jelasnya menambahkan.

Agus Marto memastikan BI memiliki aturan uang elektronik yakni Peraturan Bank Indonesia (PBI) No16/8/PBI/2014 tentang Perubahan Atas PBI No 11/12/PBI/2009 tentang Uang Elektronik dan juga Surat Edaran BI Nomor 16/11/DKSP pada Juli 2014.

Ada juga Surat Edaran BI Nomor 16/11/DKSP tertanggal 22 Juli 2014, di mana bank atau lembaga selain bank yang menyelenggarakan uang elektronik dengan jumlah dana mengendap atau berencana mengelola dana Rp1miliar ke atas wajib memiliki izin sebagai penerbit uang elektronik dari BI.

Untuk itu Agus mengatakan dengan dana kelolaan yang besar, semua penerbit uang elektronik harus memiliki manjaemen risiko dan fasilitas teknologi yang baik guna melindungi konsumen.

“Jumlah (dana) yang dihimpun sudah cukup besar, artinya manajemen risiko dan teknologinya harus sudah baik,” tambahnya. (ant/friz)

Komentar

Komentar