Home KESRA Pendidikan Beleid iPad Wajib Bagi Pelajar, Orang Tua Murid Protes

Beleid iPad Wajib Bagi Pelajar, Orang Tua Murid Protes

198
Dunia pendidikan China heboh setelah sekolah mewajibkan siswanya membawa iPad jadi saran belajar, karena mehong lantas diprotes orang tua murid.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Beleid kewajiban murid harus membawa perangkat iPad ke sekolah di China Utara menuai kritik tajam. Ini malah sudah masuk dalam kurikulum barunya.

Menurut Harian Ekonomi China dikutif bbc, Sekolah Tinggi Danfeng di Provinsi Shaanxi baru-baru ini mengeluarkan sebuah pemberitahuan mengatakan “sebagai bagian dari persyaratan mengajar, siswa diminta untuk membawa iPad mereka sendiri” ketika mereka memulai tahun ajaran baru di September 2017.

Staf itu mengatakan kepada media bahwa menggunakan iPad “meningkatkan efisiensi kelas”, dan bahwa sekolah tersebut akan mengelola firewall internet, sehingga orang tua tidak perlu khawatir tentang siswa yang menggunakan perangkat tersebut dengan cara lain.

Namun, korang itu mengatakan setelah mendapat kritik dari orang tua, yang merasa bahwa ini akan menjadi “beban keuangan yang tidak perlu”.

Kepala sekolah Yao Hushan mengatakan bahwa memiliki sebuah iPad tidak lagi menjadi persyaratan wajib.

Yao menambahkan bahwa anak-anak yang tidak memiliki alat masih tetap dapat mendaftarkan diri, namun dia merekomendasikan siswa membawa iPad sebagai bagian dari “proses mempromosikan kelas digital”.

Insiden tersebut menyebabkan diskusi yang meriah di platform media sosial Sina Weibo. “Orang tua yang tidak mampu membayarnya harus menjual ginjal!” Satu pengguna menyindir.

Yang lain mengungkapkan kekhawatiran tentang implikasi kesehatan penggunaan perangkat elektronik jangka panjang.

“Saya khawatir dengan penglihatan mereka,” kata satu pengguna, dan yang lainnya mengatakan bahwa mereka semua akan “picik dan harus memakai kacamata.”

Tetapi yang lain merasa bahwa itu adalah langkah yang baik sejalan dengan cara pengajaran modern yang baru.

“Mereka terjangkau keluarga rata-rata,” kata seseorang, “mereka tidak perlu membeli model terbaru,”.

Nah… bagaimana dengan dunia pendidikan Indonesia yang juga selalu bikin hebih karena usul- usul kebijakan baru seperti akan dilakukan 8 jam sehari. (oca)

Komentar

Komentar