Home Breaking News BC Gagalkan Penyelundupan Bawang Merah Impor

BC Gagalkan Penyelundupan Bawang Merah Impor

241
Pedagang menunjukkan bwang merah yang diperdagangkannya. (Foto: istimewa)

DUMAI, CITRAINDONESIA.COM- Bea Cukai (BC) Dumai menggagalkan upaya penyelundupan puluhan ton bawang merah impor tanpa dokumen resmi. Bawang merah impor tersebut diangkut dua armada truk saat melintas di Kelurahan Pelintung Kecamatan, Medang Kampai.

“Kegiatan pencegahan barang impor ilegal asal Malaysia ini dilakukan petugas setelah mendapat informasi dari masyarakat dan ditemukan saat melintas sekitar pukul 23.00 WIB Rabu semalam,” kata Kasubsi Penyidikan Kantor BC Dumai Jayadi, Kamis (21/1/2016).

“Bawang merah ini belum dihitung dan masih disimpan di dalam dua unit truk yang membawa dan sudah kami amankan untuk kepentingan proses lebih lanjut,” lanjutnya.

Dijelaskannya, petugas juga mengamankan supir truk pembawa komoditi bawang merah yang dilarang masuk ke Dumai ini dengan jenis Colt Diesel dan engkel berkapasitas lebih besar.

Saat ini bawang merah yang dikemas dalam ratusan karung per 10 kilogram tersebut masih disita untuk segera dilimpahkan ke Balai Karantina Pertanian Dumai sekaligus dilakukan penghitungan jumlah muatan.

“Barang bukti bawang masih kita sita dan akan dihitung nanti sekaligus saat pelimpahan ke balai karantina,” terangnya.

Menurutnya, penangkapan bawang merah ini merupakan penegahan yang kedua kali sepanjang Januari 2016 karena sebelumnya pihaknya juga menyita sebanyak 14 ton bawang merah ilegal usai bongkar di salah satu pelabuhan tidak resmi.

Diketahui, periode Januari 2016 ini Balai Karantina Dumai telah menerima tiga kali pelimpahan bawang merah ilegal yang ditegah oleh aparat kepolisian dan bea cukai setempat dengan total jumlah mencapai 21,7 ton.

“Kita sudah tiga kali menerima pelimpahan bawang ilegal hasil tegahan aparat karena tidak memiliki dokumen,” ujar Kepala Balai Karantina Pertanian Wilayah Kerja Dumai Surya Dharma kepada pers. (yud)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar