Home Breaking News Bareskrim Polri Tangkap Sindikat Perdagangan Manusia ke Suriah

Bareskrim Polri Tangkap Sindikat Perdagangan Manusia ke Suriah

130
Indonesian Police Commissioner General Ari Dono Sukmanto.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Bareskrim Polri menangkap dua orang sindikat TPPO atau perdagangan manusia ke Suriah. Keduanya Pariati (51) dan Baiq Hafizah alias Evi (41), dan mereka ini sudah menjalankan aksinya sejak September 2014 hingga Desember 2016.

“Tersangkanya Pariati dan Baiq Hafizah alias Evi,” ujar Kabareskrim Polri, Komjen Pol Ari Dono Sukmanto di kantornya, Kamis (10/8/2017).

Menurutnya, dalam aksinya, Pariati berpura- pura sebagai perekrut calon TKI. Baiq alias Evi penghubung jaringan Fadi di Malaysia.

Hebatnya lagi, mereka ini memalsukan identitas korbannya. “Nama dan tahun lahir korban dipalsukan. Korban masih anak-anak, usianya 14 tahun, dipalsukan menjadi 19 tahun,” Ari membeberkan.

“Mereka ini diduga telah mengirimkan ratusan TKI dari Lombok, NTB ke Damaskus melalui Malaysia secara ilegal,” tambahnya.

Terungkapnya kasus ini, kata Ari, pihaknya berkoordinasi dengan Polisi Diraja Malaysia untuk mengejar Fadi, warga negara Irak tinggal di negara jiran.

Kasus terungkap berkat adanya korban mengalami penyiksaan selama bekerja dan melarikan diri ke KBRI Suriah di Damaskus.

Dari tangan kedua oknum itu, Disita 18 paspor, dua buku tabungan, satu bundel catatan keuangan, satu buku catatan keuangan, formulir pendaftaran calon TKI dan tiga buah ponsel.

Mereka diduga melanggar UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan UU Nomor 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri dan UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. (ling)

Komentar

Komentar