Home Breaking News Bank Indonesia Tanggapi Terganggunya 2000 ATM Bank Mandiri

Bank Indonesia Tanggapi Terganggunya 2000 ATM Bank Mandiri

207
ATM Bank Mandiri.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Sedikitnya 2.000 mesin ATM Bank Mandiri terganggu oleh kerusakan Satelit Telkom 1 milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.

“Bank Mandiri juga mengalami gangguan di 2000 ATM dari total 17.695 ATM Bank Mandiri,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Nafas di Jakarta, Minggu (27/8/2017).

Umumnya mesin ATM mengalami gangguan itu yang menggunakan jaringan VSAT saja.  “Perbaikan sedang dilakukan, Telkom mengalihkan jaringan ke satelit Telkom 3 untuk recovery selama perbaikan satelit Telkom 1,” jelasnya.

Gangguan satelit ini mengakibatkan mesin ATM dari sejumlah bank mengalami off line, seperti ATM BCA dan Bank Mandiri.

Menanggapi hal itu, Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Mirza Adityaswara memastikan operasi bank-bank berjalan lancar meski layanan ATM sejak Jumat (25/8/2017), sore terganggu kerusakan satelit Telkom-1.

“Kami memastikan bank-bank melakukan operasinya tetap lancar dan ATM. Dan  yang mengalami gangguan harus segera dipindahkan jalurnya,” ujarnya dalam pelatihan wartawan di Yogyakarta, Minggu (27/8/2017).

Bank Indonesia menerima laporan dari bank-bank terdampak dari anomali Satelit Telkom-1 dan tidak seluruh ATM mengalami gangguan tersebut.

“Yang terganggu bukan seluruh ATM, tapi sebagian jaringan ATM, karena tidak semuanya menggunakan (jaringan) VSAT,” jelasnya. (friz)

Komentar

Komentar