Home Breaking News Bank Dunia : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,1 Persen Tahun 2017

Bank Dunia : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,1 Persen Tahun 2017

3814
Pelabuhan ekspor impor barang China, photo cdn.techjuice.pk.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Bank Dunia menaksir pertumbuhan ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen pada tahun 2017. Namun angka ini lebih rendah dari perkiraan Menkeu Sri Mulyani sebesar 5,17 persen. Sementara tahun 2017 sebesar 5,3 persen.

“Ekonomi Indonesia tumbuh lebih optimis,” ujar Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rodrigo Chaves saat peluncuran Laporan Ekonomi Triwulan Indonesia di Jakarta, Selasa (3/102017).

Belanja konsumen, reformasi ekonomi, lingkungan eksternal kondusif, faktor fundamental ekonomi kata dia menjadi indikator penguatan ekonomi tahun ini dan ke depan.

“Belanja rumah tangga yang kuat memberikan kontribusi kepada ekonomi, seiring kenaikan upah riil dan peningkatan jumlah lapangan kerja,” jelasnya.

Dia juga menyoroti masuknya investasi asing dan lokal merespon penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia.

“Itu menurunkan biaya pinjaman dan perbaikan iklim bisnis dan investasi publik dalam sektor infrastruktur,” tambahnya seraya mendorong pemerintah menuntas semua program pembangunan infrasturktur apakah itu jalan hingga pelabuhan.

Bank Dunia juga memaparkan risiko eksternal mengganggu proyeksi yaitu ketidakpastian normalisasi kebijakan moneter Bank Sentral AS (The Fed), pelemahan harga komoditas dan kebijakan perdagangan yang proteksionis dari negara maju.

Risiko lainnya berasal dari sisi domestik yaitu pelaksanaan reformasi struktural yang tidak konsisten, sehingga bisa berdampak negatif pada perkiraan pertumbuhan ekonomi, karena Indonesia pada 2018 mulai memasuki tahun politik. (Ant/friz)

Komentar

Komentar