Home Breaking News Balitbangtan Inovasi Padi Ciherang Aromatik

Balitbangtan Inovasi Padi Ciherang Aromatik

158
Mastur (kanan) Kepala Balitbangtan. Foto Ningsih

BOGOR, CITRAINDONESIA.COM- Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementerian Pertanian (Balitbangtan), akan mengembangkan inovasi terbaru komoditas Padi Ciherang Aromatik, dengan bioteknologi kombinasi metode konvensional dan bioteknologi.

“Nantinya diharapkan dapat menghasilkan galur Padi Ciherang Aromatik dalam waktu yang relative lebih cepat dan akurat dari metode konvensional biasa,” kata Mastur, Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) Kementerian Pertanian,di Ruang Rapat Balai Besar BB Biogen Jl. Tentara Pelajar No 3a, Kampus Kementerian Pertanian, Cimanggu Bogor, Selasa (28/11/2017).

Mastur mengungkapkan perbaikan Padi verietas Ciherang, selain berkualitas juga aromatik merupakan perpaduan antara dua varietas padi antara varietas Ciheranf dengan Padi varietas Pandanwangi yang memiliki potensi hasil panen rata-rata gabah kering giling (GKG) 6,28-8,83 ton per hektar, umur panen 110-112 hari dan tinggi tanaman 117 CM.

“Penelitian dalam kerja sama ini melibatkan BB Biogen, IPB, BB Padi dan LIPI. Padi Aromatik juga sangat diminati, lebih menguntungkan dan juga belum menjadi prioritas pemuliaan Padi,” terangnya.

Mastur juga menjelaskan, untuk varietas Padi Ciherang Aromatik adalah perpaduan antara varietes Padi Ciherang dan verietas Padi Mentik Wangi yang memiliki potensi hasil rata-rata Gabah Kering Giling (GKG) 6,75-8,13 ton per hektar.

“Umur panennya 110-112 hari dengan tinggi tanaman 140c m dan kedua padi ciherang wangi tersebut memiliki kadar aroma 0.8093 ppb lebih tinggi dari pandan wangi yang hanya 0.1956ppb,” tambah Mastur.

Menurutnya, pengujian daya hasil dilakukan di beberapa lokasi yaitu Sukamandi, Subang, Jogjakarta, Muara dan Cipanas.

“Nantinya akan segera dilepas sebagai inovasi padu aromatik varietas unggul baru yang dihasilkan oleh Balitbangtan,” tutup Mastur. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar