Home EKUIN P3DN Baik Peluang Ekspor Pakaian Batik Tahun 2017

Baik Peluang Ekspor Pakaian Batik Tahun 2017

389
Foto: Motif batik Indonesia

PEKALONGAN, CITRAINDONESIA.COM- Bagaiman tren ekspor pakaian Batik yang sudah berlabel dunia tahun 2017?

“Kalau peluang ekspor Batik saya rasa tahun 2017 ini masih baik. Karena produksinya lancar dan market potensial ke seluruh dunia,” ujar Ade Sumarto, seorang pedagang produk diakui UNESCO ini kepada citraindonesia.com, saat kopi darat di salah satu cafe di Pekalongan (jateng), Kamis (12/1/2017).

Pasar potensial Batik kata dia, selain Asean seperti Singapura, Malaysia, Brunai Darussalam, Filipina, China dan Jepang serta Asia tengah dan timur.

“Produk kekayaan budaya asal Indonesia ini juga sudah menjadi salah tren kekinian di pasar Eropa dan Amerika, bahkan. Alhamdulillah. Pada Trade Expo tahun 2016 kemarin kami dapat order ke Eropa dan Amerika,” ujarnya sumringah.

Berapa besar nilai kontraknya? “hhhh wartawan mau tahu semua. Ya itu dia. Pokoknya lumayanlah bisa bayar karyawan dan pajak,” kata dia lirih.

Pebesnis memang selalu begitu. Mereka jarang mau secara tegas membuka isi dapurnya. Entah apa sebabnya!

Seperti diketahui memang tren pasar Batik ini semakin ke sini kian baik. Karena itu tadi, pasarnya sudah hampir ke seluruh dunia. Bahkan almarhum Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela, adalah salah seorang penggemar batik. Dia kerap memakai Batik kesaayangannya pada upacara kenegaraan semasa hidupnya.

Biar tahu saja, nilai ekspor batik Indonesia sepanjang tahun 2015 lalu telah menembus angka 3,1 miliar dollar AS atau mencapai hampir Rp41 triliun, naik 6,3 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Adapun pasar ekspor utama batik Indonesia adalah Jepang, Amerika Serikat, Eropa dan terus meluas. (friz)

Komentar

Komentar