Home Breaking News Bahaya, Jangan Berikan Air Putih Pada Bayi 0-6 Bulan

Bahaya, Jangan Berikan Air Putih Pada Bayi 0-6 Bulan

490

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pemberian air putih pada bayi yang berusia 0-6 bulan ternyata sangat berbahaya. Hal ini kadang disepelekan oleh para ibu karena menganggap air putih baik untuk kesehatan, padahal sesungguhnya tidak untuk bayi di bawah 6 bulan.

Dr. Utami Roesli, Sp.A., MBA., CIML, IBCLC, dari Sentra Laktasi Indonesia menjelaskan bahwa pemberian air putih pada bayi di bawah 6 bulan bisa mengakibatkan sejumlah resiko kesehatan dan kerusakan organ dalam tubuh bayi.

Kebiasaan memberikan air putih pada bayi di bawah 6 bulan seringkali dilakukan oleh para ibu dengan maksud agar bayi mereka mendapatkan cukup air selain Air Susu Ibu (ASI). Selain itu, secara naluriah bayi memang memiliki refleks haus atau keinginan untuk minum.

Hanya saja, di balik maksud baik tersebut, sebenarnya mengintai resiko yang sangat fatal untuk kesehatan bayi. Berikut bahaya dari pemberian air putih pada bayi 0-6 bulan:

1. Resiko Infeksi Bakteri

Pemberian air putih pada bayi 0–6 bulan berisiko membuat bayi terinfeksi bakteri jika air yang dipakai tercemar. Hal ini akan diperparah jika perlengkapan minumnya tidak higienis, juga cara memasaknya tidak tepat dan sudah tercemar bakteri.

2. Gangguan Pada Otak Bayi

Ginjal bayi 0-6 bulan belum berfungsi dengan baik, sehingga jika ia diberi air putih maka air seni akan membawa serta elektrolit dalam darah, misalnya natrium, yang sebenarnya berguna bagi tubuh. Jika kekurangan zat itu, bayi berisiko mengalami kejang dan gangguan fungsi otak.

3. Bisa Merusak Ginjal

Fungsi ginjal bayi usia 0-6 bulan belum sempurna sehingga ketika diberikan air putih, tubuh bayi akan kelebihan air atau “keracunan” air. Hal ini bisa terjadi karena air yang masuk tidak seimbang dengan yang dikeluarkan. Ujung-ujungnya akan sangat beresiko merusak ginjal bayi.

4. Menyebabkan Keracunan

Penelitian Dr. Jennifer Anders dari John Hopkins Children’s Center di Baltimore Amerika Serikat membuktikan, pemberian air pada bayi di bawah 6 bulan berisiko mengakibatkan keracunan (intoksikasi).

Begitu tinggi resiko bahaya pemberian air putih pada bayi di bawah usia 6 bulan. Karena itu, bayi usia 0-6 bulan yang minum ASI tidak perlu mengonsumsi air putih.

Komentar

Komentar