Home Pariwisata Kuliner Bagaimana Cara Mencegah Pematangan Pisang Terlalu Cepat

Bagaimana Cara Mencegah Pematangan Pisang Terlalu Cepat

151
Buah Pisang unggul hasil pertanian Yogyakarta. Photo olo

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pisang menjadi cokelat karena berbagai alasan. Saat Anda memotong pisang, oksigen mempengaruhi enzim dalam pisang, mengubah bagian dalam cokelat.

Saat pisang menjadi coklat di bagian luar, itu karena pigmen kuning pisang dipecah dan tidak diganti, menghasilkan warna coklat.

Berikut cara memelihara pisang agar tidak cepat matang, seperti dikutip dari laman wikihow:

1. Beli pisang yang berwarna hijau di ujungnya dan kuning di bagian tengahnya. Ini berarti mereka sedikit kurang matang.

Image titled Keep Bananas from Ripening Too Fast Step 2

Pastikan pisang tidak bercak atau bercak coklat. Memar dan tusukan meninggalkan pisang yang terpapar udara, yang mempercepat proses pemasakan.

Jangan memilih pisang yang sudah berwarna kuning. Pisang matang dengan cepat dan masa simpan sangat singkat. Untuk alasan ini, Anda ingin memastikan bahwa Anda membeli pisang yang ada di sisi yang lebih hijau; Ini akan memberi Anda lebih banyak waktu untuk benar menyimpan pisang Anda sebelum proses pematangan terjadi.

2.Simpan pisang pada suhu kamar sampai matang. Hindari memaparan dari panas karena ini akan mempercepat proses pemasakan.

Image titled Keep Bananas from Ripening Too Fast Step 3

Jangan letakkan pisang di lemari es sebelum matang. Ini sebenarnya bisa memiliki efek sebaliknya dan mengubah kulit pisang Anda menjadi cokelat lebih cepat. Hal ini terjadi karena dingin menyebabkan dinding sel pecah secara prematur, yang memungkinkan produksi melanin, mengubah pisang menjadi hitam total. Kontra-secara intuitif, bagian dalam pisang masih belum matang karena dingin menghambat proses pematangan buah.

3. Jangan menggantung pisang.

Image titled Keep Bananas from Ripening Too Fast Step 3

Hal ini mencegah mereka dari memar dan menjadi terkena udara. Anda juga bisa menyegel batang tandan pisang dengan bungkus plastik. Ini membatasi jumlah oksigen yang diterima batang dan bisa membuat pisang segar selama seminggu lagi.

4. Jaga agar pisang Anda terpisah dari buah dan sayuran lainnya. Buah dan sayuran mengeluarkan gas yang mempercepat pemasakan.

Image titled Keep Bananas from Ripening Too Fast Step 4

Menyimpan produk bersama bisa mempercepat proses pemasakan. Tanaman secara alami menghasilkan gas yang disebut ethylene, yang menyebabkannya matang. Buah atau sayuran yang sudah coklat mengeluarkan etilen lebih banyak dari biasanya, menyebabkan produk segar di dekatnya bisa masak lebih cepat.

Jangan simpan pisang di kantong tertutup. Hal ini akan menyebabkan pisang menjadi cokelat lebih cepat karena hormon etilen tidak akan bisa lepas dari udara yang mengelilingi pisang.

5. Tempatkan pisang di kulkas setelah matang. Setelah proses pematangan dimulai, Anda dapat menunda dengan cepat dengan penerapan suhu dingin.

Image titled Keep Bananas from Ripening Too Fast Step 5

Untuk menghentikan pematangan, Anda perlu memperlambat reaksi kimia. Suhu dingin akan memperlambat reaksi, menunda buah pisang dari pematangan.

Jangan khawatir jika kulit pisang Anda benar-benar hitam, yang kemungkinan besar akan terjadi. Hal ini disebabkan pigmen kulitnya menjadi hitam dan tidak ada kaitannya dengan kesegaran sebenarnya dari pisang.

Simak video berikut:

Komentar

Komentar