Home Breaking News Bagai Wartawan, Pangeran Harry Wawancarai Barack Obama

Bagai Wartawan, Pangeran Harry Wawancarai Barack Obama

81
Pangeran Harry (kanan) saat mewawancarai mantan Presiden AS, barack Obama - foto reuters

LONDON, CITRAINDONESIA.COM- Tak disangka. Pangeran Inggris, Harry, putra bungsu Pangeran Charles – Lady Diada (alm) adalah tak cuma piawai menerbangkan pesawat tempur. Tetapi pria yang tahun depan akan menikahi artis AS, Beghan, piawai berwawancara, dia bagi seorang wartawan profesional.

Tak tangung- tanggung. Harry, begitu cucu Raja Inggris ini akrab dipanggil, dia mewawancarai salah satu tokoh terpenting dunia yakni mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama.

Lantas apa kata Obama kepada sang pangeran? Bahwa suami Michelee ini bilang  bahwa cara orang berkomunikasi melalui di media sosial itu mempertaruhkan hidup dan bahkan bisa memecah- belah masyarakat dan bila salah ngomong. Maka itu, Obama meminta supara para pemimpin dunia harus memastikan bahwa internet tidak membuat pengguna kepompong dalam bias mereka sendiri.

“Kita semua dalam kepemimpinan harus menemukan cara menciptakan ruang bersama di internet’, kata Obama dalam wawancara Pangeran Harry Inggris yang disiarkan di radio BBC yang kemudian dilansir reuters, Rabu (28/12/2017).

Obama penggemar Bakso dan Kelapa Muda itu menambahkan bahwa : “Salah satu bahaya internet adalah orang dapat memiliki realitas yang sama sekali berbeda, mereka bisa saja terbuai informasi yang memperkuat bias mereka saat ini’, tegasnya mengingatkan bahaya internet bila si indupidu tak bisa kendalikan.

Obama sebelumnya telah memperingatkan platform media sosial dapat membuat seseorang mengambil keputusan cepat kenadi sangat amsalahnya kompleks dan walaupun dia telah menahan diri untuk tidak mengkritik penggantinya Donald Trump yang hobby menggunakan Twitter.

Obama mengatakan dalam wawancara yang disiarkan pada hari Rabu itu bahwa media sosial harus mempromosikan pandangan yang beragam dengan cara yang ‘tidak mengarah pada Balkanisasi masyarakat kita’ dan menggerakkan komunitas online secara offline membantu orang melihat bahwa banyak isu yang tidak sederhana.

‘Ini juga lebih sulit untuk menjadi orang yang menjengkelkan dan kejam karena orang dapat secara anonim di internet. Bertemu di pub … Bertemu di tempat ibadah. Bertemu di lingkungan sekitar dan saling mengenal’, tambahnya memperingatkan.

Obama juga berbicara tentang pandangannya dalam jangka panjang mengenai dampak isu perubahan iklim yang semakin ekstrim dan bahwa terjadi badai dan topan hingga banjir banang, gempa menerjang sejumlah kota- kora besar di dunia mengakibatkan kerusahan, kerugian materil hingga banyaknya nyawa penduduk melayang.

‘Ambil beberapa tragedi yang telah terjadi baru-baru ini, dengan angin topan menghancurkan Houston dan sebagian Florida dan sekarang Puerto Riko’, katanya.

‘Hari ini bukan tanggung jawab langsung saya, tapi saya bisa fokus selama 20 tahun ke depan dalam memastikan bahwa kita tidak memiliki lebih banyak badai dan bencana alam yang dipercepat sebagai konsekuensi perubahan iklim dan kemampuan untuk fokus jangka panjang yang saya pikirkan’, jelasnya.

Sekedar tahu, Presiden Trump menarik keterlibatan Pemerintah AS dari kesepakatan Paris tentang perubahan iklim, kendati sebelumya telah disetujui Obama.

Harry menikah?

Sementara itu, mengenai rencana pernikahannya dengan Meghan Markle, tahun depan, Harry ditanyai oleh BBC apakah akan mengundang Obama, keluarga dan kerabatnya?

‘Saya tidak tahu tentang itu’, kata Harry. ‘Kami belum memasukkan undangan atau daftar tamu bersama. Siapa yang tahu apakah mereka akan diundang atau tidak. Aku tidak ingin merusak kejutan itu’,.

Surat kabar Sun mengatakan pada hari Selasa lalu bahwa pejabat pemerintah Inggris telah mendesak Harry untuk tidak mengundang Obama dan orang-orang dekat Obama pada pesta pernikahannya karena takut membuat Trump marah. (oca)

 

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar