Home Breaking News Badai Irma Porakporandakan Florida dan Kota Tampa

Badai Irma Porakporandakan Florida dan Kota Tampa

190
Badai Irma hancurkan Florida dan kota Tampa. bbc

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Badai Irma teleh meledakkan di pantai barat Florida dan kini berhembus di kota Tampa.

Irma memporakporandakan kota Tampa, namun kini merusak Pulau Marco dari pantai barat Florida dengan kecepatan angin hingga 120mph (192km / h).

Lebih dari 3,4 juta rumah di negara bagian ini tanpa listrik, dan sebagian kota Miami direndam air banjir. Tiga orang tewas.

Dalam update terakhirnya pada pukul 03:00 GMT Senin, National Hurricane Center (NHC) mengatakan “kondisi badai terus berlanjut di bagian semenanjung Florida tengah”.

Irma saat ini memiliki kecepatan angin maksimum 100mph (160km / h), kata NHC. Badai itu sebelumnya menerjang daerah sekitar kota Fort Myers.

Irma telah menghancurkan sebagian wilayah Karibia, menewaskan setidaknya 28 orang. Sekitar 6,3 juta orang di Florida telah diperintahkan untuk mengungsi.

Presiden Donald Trump telah menyetujui sebuah deklarasi bencana besar dan bantuan federal darurat untuk Florida.

Dia menggambarkan topan itu sebagai “monster besar”, memuji agen federal yang terlibat dengan badai tersebut dan mengatakan bahwa dia akan segera pergi ke negara bagian “segera”.

“Kami mungkin sedikit beruntung karena melaju ke barat, dan ini mungkin tidak mengganggu, tapi kami akan melihat, ini akan berlangsung selama lima atau enam jam berikutnya,” kata Mr Trump menambahkan.

Sementara itu menurut petugas : “Diperkirakan Irma terus bergerak melewati semenanjung Florida barat sampai Senin pagi dan kemudian ke Amerika Serikat bagian tenggara pada Senin dan Selasa.”

Badai membuat pendaratan di Pulau Marco pukul 15:35 waktu setempat (19:35 GMT).

NHC sebelumnya men-tweet bahwa orang-orang di daerah Naples dan Pulau Marco harus pindah dari pantai saat badai melonjak hingga 15ft itu mungkin terjadi. (dewi)

Komentar

Komentar