Home Breaking News Azmin Disebut Termasuk Kunci Lelang E-KTP

Azmin Disebut Termasuk Kunci Lelang E-KTP

131
Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Foto Suara Merdeka.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Adik kandung Gamawan Fauzi, Azmin Aulia saat menjabat Menteri Dalam Negeri, disebut salah satu kunci penentu pemenang lelang dalam proyek e-KTP.

“Jadi, kemenangan e-KTP kuncinya ada di Pak Irman dan pejabat Depdagri pada Azmin Aulia, saya melihat demikian. Kalau Pak Novanto membantu anggaran,” ujar Andi saat memberikan keterangan sebagai terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Menurut Andi, Azmin Aulia kenal dekat dengan salah satu pengusaha yang ikut dalam konsorsium e-KTP. Pengusaha tersebut yakni, Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra Paulus Tanos.

Andi juga pernah dikenalkan dengan Azmin oleh Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Irman. Selain itu, Andi pernah diundang untuk mengikuti pertemuan di kediaman Azmin Aulia.

Kedekatan Azmin dan Paulus Tanos, menurut Andi membuat Konsorsium PNRI ditunjuk sebagai pemenang lelang proyek e-KTP. Ia mengatakan, Azmin mewakili Gamawan Fauzi ikut mendapat jatah atau fee yang diberikan oleh para pengusaha.

Menurut Andi, sejak awal Dirjen Dukcapil telah memberi tahu bahwa jika ingin menang dalam proses lelang, pengusaha harus siap memberikan fee kepada pejabat Kemendagri dan anggota DPR.

Untuk itu, menurut Andi, Azmin diberikan satu unit ruko di Grand Wijaya, Kebayoran, Jakarta Selatan. Selain itu, diberikan sebidang tanah milik Paulus Tanos.

“Setelah konsorsium terbentuk, 5% yang dikerjakan PT Sandipala untuk meng-cover Azmin Aulia, untuk Pak Menteri,” kata Andi. (*)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar