Home Breaking News “Awas Penipuan CPNS” Cuma Ini Lembaga Penerima!

“Awas Penipuan CPNS” Cuma Ini Lembaga Penerima!

147
Ilustrasi tes CPNS, (Foto: istimewa)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- “Hati- hati. Jangan sampai tertipu iming- iming dan angin surga atau rayuan pulau kelap para oknum yang mengaku bisa menolong ini dan itu. Mereka gentayangan di mana- mana dan cuma menipu korbannya. Sebaiknya kalau mau melamar, langsung tanyakan kepada panitianya penerimaan di setiap lembaga yang tercantum dalam daftar, apakah itu pemerintah atau swasta. Itu lebih baik, aman dan nyaman bagi pencairi kerja,” ujar Retno, seorang PNS, berbagi ilmu dengan pembaca citraindonesia.com, di Jakarta, Kamis (7/9/2017).

“Kantor kami juga menerima kok. Coba saja langsung tanyakan panitianya supaya jelas apa saja syaratnya,” jelas perempuan yang baru saja usai menyelesaikan tugas belajar dari kantornya, bea siswa S2 di Eropa.

Benar memang Retno. Jangankan untuk masuk CPNS, pencari pekerjaan jadi Satpam dan buruk pabrik hingga perusahaan multi nasional selama ini banyak yang tertipu hingga puluhan juta rupiah. Pun yang mau masuk TNI dan Polri.

“Banyak yang sudah ditangkap Polisi tapi modus tipu- tipu ini masih marak loh. Itu artinya lebih banyak pengangguran dari pada tempat menerima pekerja baru,” M Tirto seorang pekerja swasta di kawasan Thamrin, Jakarta berujar mengenai fenomena tipu- tipu bagi para pencari kerja di bebagai daerah Indonesia.

“Kita boleh berbagi pengetahun dengan pembaca citraindonesia.com. Makanya calon pelamar harus PD. Gak usah minta tolong siapa- siapa. Klo ijazahnya nilainya bagus dan bisa jawab lembar pertanyaan dari panitia penerima, itu mah pasti diterima. Mau di Kemenkeu mau jadi TNI, Polri atau swasta,” jelasnya.

Seperti diketahui Pemerintahan Presiden Jokowi-JK kini tengah membuka lagi penerimaan CPNS sebanyak 17.428 orang untuk 60  Kementerian/Lembaga dan Provinsi Kalimantan Utara.

“Formasi untuk Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara sebanyak lima ratus, sedangkan jumlah lowongan/formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga, sebanyak 17.428,” ujar Menpan RB, Asman Abnur di Jakarta, Selasa (05/09/2017).

Dijelaskan, formasi untuk Kementerian/Lembaga, termasuk untuk putra/putri lulusan terbaik atau Cumlaude sebanyak 1.850, penyandang disabilitas sebanyak 166, serta putra/putri Papua dan Papua Barat sebanyak 196. (adams)

Berikut daftar lengkap kantor yang menerima CPNS tersebut :

Komentar

Komentar