Home METRO Daerah Awas! Gempa Maluku Bisa Picu Tsunami Sembilan Negara

Awas! Gempa Maluku Bisa Picu Tsunami Sembilan Negara

111
foto ilustrasi

MALUKU, CITRAINDONESIA.COM- Sebuah gempa bumi besar berkekuatan 7,3 pada skala Ritcher (SR) memgguncang Maluku, Sabtu (15/11/2014).

Laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa itu terjadi pada pukul 09.31 WIB dan berada di 1.95 Lintang Utara, 126.46 Bujur Timur, dengan kedalaman 48 kilometer.

“Gempa tersebut berpotensi menimbulkan Tsunami,” jelas BMKG.

US Geological Survey, Menurut Reuters, juga menyebutkan hal yang sama. Sementara Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii mengatakan, gelombang besar berbahaya itu kemungkinkan akan menjangkau area seluas 300 km (185 mil) dari pusat gempa, namun tidak menjangkau kawasan Pasifik secara luas.

“Tsunami kemungkinan hanya menghantam sembilan negara, yakni wilayah pesisir Indonesia di sekitar pusat gempa, Filipina, Palau, Papua Nugini, Kepulauan Solomon dan Kepulauan Marshall, dan sejauh Okinawa Jepang dan Taiwan,” ujar seorang petugas Tsunami Pasifik sebagaimana dikutip Reuters.

Gelombang pertama bisa mencapai daratan dalam waktu 30 menit, dan terakhir dalam waktu sekitar enam jam.

“Gelombang awal mungkin tidak menjadi yang terbesar,” Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengingatkan.

Lembaga ini menyebut, gempa berada pada dalaman 47 km (34 mil), dengan pusat gempa 134 km (83 mil) barat laut Ternate, sebuah pulau di timur Maluku.

US Geological Survey juga mencatat, selang tak lama setelah gempa di Maluki, laut lepas Sulawesi juga diguncang gempa berkekuatan 6,2 SR. (man)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar