Home Breaking News Atlet Renang China Ketahuan Pakai Doping di Olimpiade 2016

Atlet Renang China Ketahuan Pakai Doping di Olimpiade 2016

298
Chen Xinyi, atlet renang China yang didiskualifikasi karena kedapatan menggunakan doping. (Foto: Nbcolympics)

RIO DE JANEIRO, CITRAINDONESIA.COM- Salah satu atlet renang China yang berlaga di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, Chen Xinyi, bikin geger karena kendapatan menggunakan doping.

“Dari hasil tes, dalam tubuh atlet 18 tahun itu terdapat zat yang diindikasikan sebagai doping. Hal itu bahkan sudah dikonfirmasi langsung oleh Federasi Renang China yang menegaskan akan melakukan investigasi lanjutan,” demikian dilansir Xinhua, Sabtu (13/8/2016).

Juru bicara Federasi menyatakan menentang keras penggunaan stimulan terlarang oleh seorang atlet, dan akan memanggil sang atlet untuk diperiksa lebih lanjut.

“Sejauh ini proses sudah berlangsung, dan Chen bersikap sangat kooperatif,” imbuh media yang dikelola pemerintah China itu.

Saat turun di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putri, Chen menduduki posisi keempat di laga puncak dengan catatan waktu 56,72 detik, hanya selisih 0,9 detik dari perenang AS Dana Vollmer yang berada di posisi ketiga.

Chen rencananya akan kembali turun di nomor 50 meter gaya bebas putri, namun kasus doping membuatnya harus mengalami diskualifikasi.

Chen sendiri sudah menyangkal menggunakan zat terlarang itu, dan menyatakan siap mengajukan banding atas hukuman yang untuk sementara ini ia terima, dan bahkan siap meneruskannya hingga pengadilan arbitrase internasional. (man)

Komentar

Komentar