Home Breaking News Arloji Merek Swiss Join UKM Perhiasan Indonesia

Arloji Merek Swiss Join UKM Perhiasan Indonesia

138
Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (kanan) dan tamunya Menteri Ekonomi Pendidikan dan Riset Swiss Johann N. Schneider-Ammann (kiri).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kini peluang pengusaha UKM perhiasan Indonesia semakin terbuka. Pemerintah Swiss siap joinkan pengusaha Arloji merek Swiss dengan pengusaha perhiasan tersebut.

“Pada pertemuan kami dengan Menteri Ekonomi, Pendidikan dan Riset Swiss Johann N. Schneider-Ammann beserta delegasinya, dari mereka ada yang mewakili asosiasi industri jam, yang mengatakan sedang butuh banyak batu mulia, emas, dan perak berkualitas,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu (16/7/2017).

Langkah ini diharapkan memperluas akses pasar produk lokal ke kancah global sehingga meningkatkan devisa negara dari hasil ekspor.

Menurut Airlangga, industri perhiasan dalam negeri harus mampu menangkap peluang ini, karena memang kesempatan itu tak datang berkali- kali.

Lagi pula, pelaku usaha kita mampu bersaing di pasar internasional, desain dan produknya yang semakin berkualitas unggul.

hal itu kata dia terlihat dari nilai ekspor produk perhiasan Indonesia ke seluruh dunia pada periode 2011-2016, menunjukkan tren peningkatan 16,85 persen, setara nilai ekspor tahun 2011 sebesar USD2,59 miliar menjadi USD5,34 miliar pada 2016

“Industri perhiasan mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional. Sektor ini akan kami terus pacu pengembangannya karena padat karya dan berorientasi ekspor dan mempunyai daya saing yang kuat,” paparnya.

Berdasarkan data tahun 2015, jumlah unit industri perhiasan dan aksesoris di dalam negeri mencapai 36.636 perusahaan.

Sementara nilai produksi sebesar Rp10,45 triliun. Menyerap tenaga kerja 43.348 orang dan menghasilkan devisa melalui ekspor sebesar USD3,31 miliar. (linda)

Komentar

Komentar