Home Breaking News Apindo “Duh” Ingin Dicabut Moratorium Teuk Jakarta

Apindo “Duh” Ingin Dicabut Moratorium Teuk Jakarta

146
Para nelayan Muara Angke mendatangi pulau reklamasi yaitu pulau G dengan membawa spanduk yang berisikan tuntutan menghentikan kegiatan reklamasi (Foto: Badia Andrew/citraindonesia.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- “Duh ada- ada saja”. Kini Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengklaim muncul pertumbuhan ekonomi baru bila pemerintah mencabut status moratorium reklamasi di Teluk Jakarta.

“Akan muncul pertumbuhan ekonomi baru,” ujar Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani di Jakarta, Senin (11/9/2017).

Padahal pemerintah sudah tegas mengeluarkan SK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memoratorium Pulau C, D, dan G tahun 2016 terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

Namun Haryadi mengklaim justru moratorium itu karena alasan politis. Kata dia, proyek reklamasi umum dilakukan di sejumlah negara asing.

“Ini jelas politisasi birokrasi. Jika ini dibiarkan terang benderang, sebenarnya tidak ada masalah,” ia menambahkan.

Sebelumnya, ahli hukum tata negara, Irman Putra Sidin, menurut antara, bahwa pencabutan moratorium akan memberikan kepastian hukum kepada para pengembang.

“Moratorium selama ini hanya merupakan keputusan politik. Jadi langkah pencabutan itu sudah layak dilakukan karena selama ini tidak memiliki dasar hukumnya. Ini memang harus diperjuangkan,” ujarnya.

Dia menyebut, pencabutan moratorium seyogyanya juga segera dilakukan untuk reklamasi Pulau G.

Apalagi, tegasnya, Mahkamah Agung menolak kasasi dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dan Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (KIARA) terkait izin proyek reklamasi pulau G.

“Ini kan artinya tidak ada permasalahan dalam izin proyek Pulau G. Izin Pulau G sah, jadi serta-merta harus dilanjutkan kembali proyeknya,” kata Irman. (friz)

Komentar

Komentar