Home Breaking News Apa sih Bedanya Generasi X, Y dan Z ?

Apa sih Bedanya Generasi X, Y dan Z ?

203
Generasi yang dikuasai Teknologi. Sumber: fimela.com

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini selalu mengingatkan kepada generasi muda, jangan terpengaruh dengan generasi Y. Tapi tidak hanya itu, orang-orang sering menyebutkan ada 3 generasi yang sering mengusai anak muda, yang semakin tahun semakin berkembang.

Namun, tahu kah anda, apa bedanya generasi X, generasi Y, dan generasi Z atau Traditionalists Generation, dan Baby Boomers? Jika anda ingin tahu, pelajari karakteristiknya berikut ini.

Tapi, penting anda ketahui karena untuk membuat anda mawas diri, jangan sampai anda merusak diri karena terlalu berpengaruh dan bahkan dikuasi oleh hal negatif dari generasi tersebut. Jadi, sebaiknya pelajari karakteristik masing-masing generasi.

Namun, sebelum anda mengetahui apa itu generasi X, Y, dan Z. Pelajari dulu apa itu Tradisionalist Generation dan Baby Boomers.

Tradisionalists Generation.

Biasanya ini menguasai generasi yang saat ini sudah berusia 72-117 tahun atau generasi yang lahir pada 1900-1945. Biasanya, terpengaruh dengan Perang Dunia II, Perang Korea, dan depresi Besar.

Sifat generasi ini biasanya, disiplin, berdedikasi, patriotisme tinggi, kerja keras, dan tanggung jawab. Selain itu, sifatnya menghargai keluarga dan komunitas. Terkait urusan uang, saat itu masih belanja menggunakan uang tunai dan suka menabung.

Beda dengan generasi saat ini yang memudahkan orang bertransaksi menggunakan ATM, sehingga sulit untuk menabung. Bahkan, parahnya bisa lebih boros karena dengan adanya Kartu Kredit.

Etos kerja, biasanya berdedikasi, pekerja keras, dan mengedepankan perusahaan.

Baby Boomers

Generasi ini biasanya lahiran tahun 1946-1964 atau yang kini sudah berusia 53-71 tahun. Zaman itu, biasa terpengaruh dengan Civil Rights, Perang Vietnam, dan cold war (perang dingin).

Sifatnya, biasanya memiliki sifat anti perang, anti pemerintah, dan mau membuat perubahan. Suka menghargai kesuksesan. Urusan uang, memiliki prinsip beli sekarang bayar belakangan. Terkait etos kerja, sangat rajin, bekerja keras demi identitas, dan mementingkan kualitas.

Generasi X

Generasi yang lahir tahun 1965-1976, serakang sudah berusia sekitar 41-52 tahun. Generasi yang terpengaruh dengan krisis energi dan akhir dari cold war. Sifatnya, mengutamakan keseimbangan, perpedaan, dan pendidikan tinggi.

Selain itu, suka menghargai waktu. Urusan uang, suka konservatif dan menabung. Etos kerja, bekerja lebih pintar dan bukan malah lebih lama, skeptis bergantung pada diri sendiri.

Generasi Y

Generasi yang lahir tahun 1977-1995 atau saat ini berusia 22-40. Suka terpengaruh dengan media digital dan serangan teroris. Memiliki sifat berprestasi, percaya diri, toleransi tinggi, dan street smart (cerdas).

Biasanya, memiliki sifat menghargai individualisme. Sementara untuk urusan uang, biasanya mendapatkan uang untuk dihabisakan. Memiliki etos kerja yang ambisius, multitasking, kewirausahaan tinggi, dan gigih.

Generasi Z

Generasi yang lahir 1996 hingga serarang. Terpengaruh dengan teknologi, internet dan media sosial, serta resesi ekonomi besar. Memiliki sifat bergantung pada teknologi, menerima perbedaan, dan ingin punya banyak pengalaman.

Selain itu, menghargai keragaman. Urusan uang sama saja, menghasilkan uang untuk dihabiskan. Etos kerja, hobi menjadi pekerjaan, memiliki jiwa kewireusahaan tinggi, dan mementingkan kualitas.

Sekarang anda sudah tahu kan? Andi tinggal memilih, mau ambil negatif atau positifnya dari setiap generasi. Tapi sebaiknya guys… bangunlah diri anda menjadi pribadi yang bermanfaat buat anda, keluarga, sesama, bangsa, dan negara anda.

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar