Home Breaking News Apa Obat Tradisional Radang Tenggorokan Alami?

Apa Obat Tradisional Radang Tenggorokan Alami?

220
Seorang anak yang merasakan radang tenggorokan

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Sakit tenggorokan umumnya terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Penyakit ini umumnya lebih banyak menyerang anak kecil dan remaja.

Selain sakit saat menelan, sakit tenggorokan juga dapat disertai gejala-gejala sakit kepala, pembesaran kelenjar pada leher, tonsil/amandel yang membengkakakibat radang, nyeri otot, batuk, hidung beringus, iritasi, gatal di tenggorokan, sakit dan sulit menelan.

Banyak orang yang merasakan radang tenggorakan ingin cepat pulih tapi tidak ketergantungan dari obat kimia. So, apa obat obat alami atau tradisional untuk mengobati radang tenggorokan?

Obat tradisional memang diakui relatif aman dan termasuk home remedies artinya perawatan dapat dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan umumnya ada di rumah.

Dalam penggunaannya pun ditujukan untuk radang tenggorokan ringan yang disebabkan oleh virus dan lainnya, kecuali radang yang disebabkan oleh bakteri, terkhusus bakteri Streptococcus karena mau tidak mau harus menggunakan antibiotik yang diresepkan oleh dokter, mengingat bahaya komplikasinya.

Inilah Obat Tradisional Radang Tenggorokan (obat alami), seperti dikutip dari laman mediskus.com :

1. Berkumur air garam.

Beberapa studi membuktikan berkumur air asin hangat (air putih+garam) beberapa kali dalam sehari dapat meredakan pembengkakan atau radang tenggorokan, membuang dahak, iritan, dan bakteri.

Cara membuatnya : Sediakan air hangat satu gelas belimbing ( 250 ml ) kemudian tambahkan garam dapur 1 sendok teh (sendok kecil) lalu aduk sampai rata.

Cara menggunakannya :

– Berkumur selama 30-60 detik, dengan kepala menengadah ke atas agar mengenai tenggorokan, lalu secara perlahan semburkan udara dari tenggorokan sehingga berbunyi “ghrook, ghrook” seperti orang ngorok. (hati-hati melakukannya jangan sampai masuk ke saluran nafas, kalau hanya tertelan tidak mengapa).

– Berkumur tiga kali dalam sehari. ilustrasi berkumur dengan kepala menengadah

Perbanyak Minum.

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik sangatlah penting, apalagi sedang sakit, khususnya radang tenggorokan. Minumlah dengan cukup sehingga air kencing anda berwarna kuning jernih atau bening.

Hal ini akan membuat selaput mukosa pada tenggorokan dan sekitarnya selalu lembab, dan lebih mudah melawan bakteri dan iritan. Selain itu membuat tubuh lebih mampu melawan gejala flu, batuk, atau demam yang mungkin menyertai. Minum tidak selalu dengan air putih namun bisa juga berupa jus buah, air teh, atau yang terasa sedikit asin seperti sop ayam.

Minum Teh.

Segelas teh hangat dapat dengan cepat meredakan rasa tak nyaman karena radang tenggorokan. Teh dipercaya mengandung banyak antioksidan yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membantu melawan infeksi. Teh tersebut boleh dicampur dengan lemon dan madu. Kesemuanya juga bagus untuk mengobati radang tenggorokan.

Sup Ayam.

Sup ayam sepertinya makanan biasa, namun sup ayam ternyata memiliki manfaat membantu menenangkan radang tenggorokan, karena kaldu dalam sup ayam mengandung natrium yang memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi radang tenggorokan.

Selain itu, kita ketahui bersama bahwa ketika radang tenggorokan melanda maka ada rasa sakit saat menelan makanan oleh karena itu makanan cair seperti sup ayam ini akan mudah ditelan tanpa memperparah radang, sehingga asupan nutrisi pun bisa tercukupi yang membuat daya tahan tubuh menjadi kuat untuk melawan infeksi tadang tenggorokan.

Madu.

Madu terbukti memiliki sifat antibakteri, antivirus, dan antijamur. Juga, karena konsistensi madu, sangat menenangkan untuk sakit tenggorokan, batuk dan penyakit bronkial. Madu telah digunakan selama berabad-abad oleh orang-orang terdahulu. Jadi madu untuk radang tenggorokan bukanlah konsep baru.

Campurkan satu sendok makan madu dalam air hangat kemudian diminum selagi hangat. Tidak hanya akan menenangkan tenggorokan, tetapi juga akan membantu melapisi tenggorokan dan melawan bakteri tertentu yang mungkin bersembunyi.

Obat Tradisional Radang Tenggorokan tersebut memang cukup manjur, akan tetapi jika radang tenggorokan parah dan terdapat tanda-tanda berikut sebaiknya berobat ke dokter.

– Susah bernapas
– Susah menelan
– Air liur berlebihan, karena tak dapat menelan
– Radang tenggorokan yang parah atau berlangsung lebih lama dari seminggu
– Kesulitan membuka mulut
– Nyeri sendi
– Sakit telinga
– Ruam pada kulit
– Demam tinggi lebih dari 38,3 C
– Darah dalam air liur atau dahak
– Radang tenggorokan sering berulang
– Terdapat benjolan di leher
– Suara serak yang berlangsung lebih dari dua minggu.

Obat tradisional alami untuk radang tenggorokan inilah yang saya ketahui cukup manjur, jika Anda memiliki pengetahuan, ada pengalaman tentang obat tradisional radang tenggorokan silahkan berkomentar. (*)

Komentar

Komentar