Home Breaking News Ani Andayani : Bawang Merah di NTT Subur

Ani Andayani : Bawang Merah di NTT Subur

204
Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan panen raya bawang merah didampingi Wakil Ketua Komite II DPD RI, Bupati Nganjuk di Kabupaten Nganjuk, (Foto: kementan.go.id)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Kondisi lahan pertanian Bawang Merah di wilayah di Provinsi NTT dikabarkan sangat subur dan patut dijadikan andalan. Sebuah lumbung produksi hingga mampu mengeksport sebanyak 30 ton ke Timor Leste.

“Lahannya subur dan basah. Siklus hujan 7 hingga 8 bulan. Ini spesial untuk seluruh wilayah di Provinsi NTT,” puji Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Ani Andayani yang juga Penanggung Jawab UPSUS PaJaLe Prov. Nusa Tenggara Timur,¬† kepada awak media, Rabu malam (11/10/2017) di sela-sela persiapan ekspor komoditas itu.

Lanjut Ani, kondisi bagus itu membuat daerah Malaka ini berlimpah produksi pangan. Biar tahu saja, tak cuma komoditas Bawang Merah loh, tapi juga Jagung dan lainnya.

“Jagung bisa ditanam 2 hingga 3 kali setahun di Kab. Malaka dan Bawang Merah, yang baru dikembangkan sudah menghasilkan 16 ton per hektar,” jelasnya.

Dengan potensi itu lanjutnya, Kementerian Pertanian akan terus mendukung masyarakat dan petani dan khususnya di daerah- daerah perbatasan Indonesia dengan negara jiran.

“Ya terutama dalam hal teknis dan kontiniutas produksinya untuk menjaga volume ekspor kita ke depan,” jelas Ani.

Sebelumnya Ani menjelaskan, luas areal tanaman Bawang Merah di Prov. NTT. 1.231 ha tahun 2016, kini naik 22.5% dari target di kabupaten Malaka 200 hektar dari  potensi 3000- 4000 hektar.

Rata-rata produktivitas 16 ton/ha, memasok kebutuhan negara Timor Leste, dari 4 pintu masuk yaitu, Kabupaten Malaka, Belu, TTU dan Kupang. (olo)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar