Home Breaking News Amran Pastikan Panen Petani Turunkan Harga Beras!

Amran Pastikan Panen Petani Turunkan Harga Beras!

90
Mentan Amran didorstop awak media di tengah sawah saat Panen Raya bersama Pak Tani di Desa Karawang.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman memastikan harga Gabah dan Beras turun hari ini dikarenakan di beberapa daerah para Petani panen setiap hari dan membuat pasokan beras ke pasaran kian melimpah.

Aku pastikan harga akan turun kembali hari ini, karena kan kita sudah panen tiap hari’, terang Amran Sulaiman di kantornya, Jakarta, Senin (29/1/2018).

Amran juga menjelaskan bahwa harga Beras di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) sudah turun Rp300/ Kg dan harga gabah turun Rp800 per Kg. Tapi Amran berharap harga Beras dan Gabah itu sejatinya seimbang.

‘Harapan kita kan antara harga beras dan gabah itu harusnya linear (seimbang),” tambah Amran.

Dirinya juga memperkirakan Gabah hasil panen raya petani ini mencapai target produksi lebih dari 80 ribu ton, tahun lalu hanya 81,3 ton gabah.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendardi beberapa waktu lalu juga mengatakan bahwa ketersediaan beras nasional selama januari-maret 2018 adalah 2,8 juta ton (januari), 5,4 juta ton (Februari),dan 7,4 juta ton (maret).

‘Dengan angka konsumsi beras perbulan 2,5 juta ton, dapat dipastikan tiga bulan kedepan kita mengalami surplus beras’, jelas Agung.

Agung juga menjelaskan rincian surplus beras per Januari-Maret 2018, adalah Januari surplus 329 ribu ton, Februari 2,9 juta ton, dan Maret 4,97 juta ton.

‘Angka tersebut diperoleh berdasarkan proyeksi luas panen selama Januari-Maret 2018 secara berturut-turut. Januari 854 ribu ha, Februari 1, 6 juta ha, dan Maret 2,25 juta ha,” terang Kepala BKP. (Ning)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar