Home Breaking News Airlangga : Ekspor Mainan “Barbie” Naik 8,97 Persen

Airlangga : Ekspor Mainan “Barbie” Naik 8,97 Persen

52
Menperin Airlangga dan CEO PT Mattel Indonesia Roy Tandean.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Industri mainan nasional telah menunjukkan daya saingnya di kancah global. Membuktikan Indonesia termasuk dalam negara-negara produsen utama beberapa produk unggulan mendunia seperti makanan dan minuman.

“Kami memberikan apresiasi kepada PT Mattel Indonesia dalam pengembangan industri mainan di Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1992. Ini menunjukkan kepercayaan Mattel terhadap iklim investasi di Indonesia,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peringatan Ulang Tahun ke-25 PT Mattel Indonesia di Cikarang, Bekasi, Senin (4/11/2017).

Sekedar tahu saja, perusahaan ini menyerap tenaga kerja 10 ribu orang.

Sementara itu nilai ekspor dalam kurun lima tahun terakhir rata-rata di atas USD150 juta per tahun.

“Kami sampaikan bahwa ekspor komoditas mainan sampai dengan September tahun 2017 mencapai USD 228,39 juta atau naik 8,97 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016 (YoY) sebesar USD209,59 juta,” paparnya.

Indonesia adalah produsen boneka Barbie terbesar di dunia dihasilkan PT Mattel Indonesia. Perusahaan ini memasok 60 persen ke seluruh pasar global atau telah mengungguli produksi China.

“Jadi, enam dari 10 boneka yang beredar di dunia itu berasal dari Indonesia, dibuat dengan tangan-tangan terampil anak bangsa kita,” ujarnya.

Sementara, Presiden Direktur PT Mattel Indonesia, Roy Tandean menyampaikan, perusahaan terus memperkuat pusat produksi bonekanya melalui kolaborasi dengan industri kecil dan menengah (IKM) di Indonesia.

“Saat ini, kami memproduksi hingga dua juta boneka per minggu dengan lebih dari 500 pemasok dan IKM yang menjadi bagian tak terpisahkan dari rantai pasokan Mattel,” tuturnya. (linda)

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar