Home Breaking News Adiwastra Gelar Kompetisi Kain Besurek Sebagai Upaya Kembangkan Kreativitas Designer

Adiwastra Gelar Kompetisi Kain Besurek Sebagai Upaya Kembangkan Kreativitas Designer

233
Salah satu Panitia Kegiatan Adiwastra, Tutty Cholid.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Adiwastra Nusantara selaku penyelenggara Pameran Kain Batik di JCC pada 5-9 April 2017 adakan kompetisi kain besurek sebagai upaya untuk mengembangkan kreativitas para designer.

“Untuk mengembangkan desain baru lagi, jadi tidak monoton jadi lebih berkreatif untuk mengembangkan teknik pewarnanya dari mana,” ungkap Salah satu Panitia Kegiatan Adiwastra, Tutty Cholid kepada citraindonesia.com di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (3/4/2017).

Tutty mengutarakan bahwa, selain itu penghiglit-an kain Besurek tersebut sebagai langkah untuk melestarikan dan mengangkat kembali Kain Besurek sebagai salah satu warisan budaya.

“Ini dimaksudkan supaya diangkat dan mereka ingin mengeksplore itu. Hal ini dilakukan supaya diangkat kembali bahwa ini adalah peninggalan budaya yang disosialisasikan. Seperti yang masih bertahan di provinsi Bengkulu,” bebernya.

Ia menjelaskan bahwa, dari banyaknya peserta yang ikut terjaring sebanyak 10 finalis yang nantinya ke sepeluh finalis tersebut akan diberikan kesempatan untuk melakukan pameran pada acara Adiwastra Nusantara di JCC pada 5-9 April 2017 lusa.

“Untuk finalisnya akan dipamerkan,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan bahwa, kain besurek yang saat ini masih eksis di Provinsi Bengkulu tersebut memiliki motif simple dan memiliki tulisan kaligrafi Arab.

“Biasanya untuk warnanya biru dongker, mungkin dulu itu karena warna alam, untuk memepertahankan alam, dulu indigo dan kuning. Biasnaya biru cokelat untuk aslinya,” tukasnya. (Isr)

Komentar

Komentar