Home METRO Daerah 93 Kampung Terima Dana ADK dan ADD

93 Kampung Terima Dana ADK dan ADD

227
Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Merauke Ruslan Ramli. (Foto: Eman/Citraindonesia)

MERAUKE, CITRAINDONESIA.COM- Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Merauke, Ruslan Ramli mengatakan, hingga saat ini sudah 93 kampung menerima alokasi dana kampung (ADK) dan alokasi dana desa (ADD) tahun 2016.

“Jumlah kampung yang dananya dicairkan baru 93 kampung atau baru mencapai 51,95% dari 179 kampung yang ada,” kata Ruslan, Jumat (22/7/2016).

Menurutnya, penyaluran ADK dan ADD ke setiap rekening kampung dilakukan apabila pemerintah kampung telah melengkapi administrasi melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK).

“Patokannya dari penyampaian BPMK. Kalau seluruh administrasinya sudah lengkap, maka kita akan mencairkan dananya ke rekening kampung yang bersangkutan,” terangnya.

Dari 179 kampung, ada 19 kampung pemekaran yang dananya belum bisa dicairkan, karena kepala kampungnya belum dilantik. Jika belum definitif dianggap kampung belum beroperasional.

Ia mengharapkan agar kampung-kampung yang sampai saat ini belum melengkapi administrasi agar segera dilengkapi, sehingga dananya dapat dicairkan.

“Kalau belum mencairkan dana ADD dan ADK itu bisa mempengaruhi anggaran tahun 2016 ini,” ungkapnya.

Tambahnya, total anggaran ADK dan ADD untuk 179 kampung di Kabupaten Merauke tahun 2016 ini sebesar Rp260 miliar, yakni ADK Rp120 miliar dan ADD Rp140 miliar.

“Setiap kampung rata-rata menerima ADK sebesar Rp750 juta dan ADD sebesar Rp600 juta. Kampung yang menerima ADK dan ADD terbesar adalah kampung Kumbe, dengan total Rp2,6 miliar,” sebutnya.

Seraya menjelaskan ada parameter/kriteria untuk setiap kampung menerima besar kecilnya dana ADK dan ADD. Di antaranya, jumlah penduduk, angka kemungkinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografi. (eman)

Komentar

Komentar