Home Breaking News 8 Tips Jitu Hindari Kemacetan di Jalan Raya

8 Tips Jitu Hindari Kemacetan di Jalan Raya

316
Ilustrasi kemacetan, (Foto: istimewa).

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Pengguna jalan raya bukan hanya kita saja, banyak sekali pengguna jalan raya yang memerlukan jalan untuk berpergian dan juga untuk lain sebagainya.

Terkait kemacetan yang ada di Jalan Raya khususnya di tengah jalan dengan kondisi Cuaca yang panas dengan sinar matahari yang terik, terlebih kalau naik bus kota maupun angkot akan terasa capeknya, panas dan juga bau keringat yang begitu menyengat bukan? Semua tentu pernah merasakan terlebih untuk kalian yang akan berangkat kerja menjadi telat dan di marahi atasan.

Itu hal biasa yang sudah terjadi, beberapa cara bagaimana cara untuk menghindari kemacetan jalan raya dengan mudah. Tentu tidak mengeluarkan biaya sama sekali, namun hanya perlu keahlian kalian disini. Ingin tahu seperti apa caranya? Simak langsung ulasannya dibawah ini.

Tips menghindari Kemacetan lalu lintas, seperti dikutip dari otosemi:

1. Pilih Kos atau tempat kerja yang dekat

Yang pertama kalau kalian tidak mau kena macet pada saat pergi kuliah, bekerja dan pergi kesekolah alangkah lebih baiknya kalau kalian memilih Kos di dekat tempat kerja atau kampus kalian, Begini caranya.

Ukur terlebih dahulu jarak tempuh kos atau rumah kalian dengan tempat kerja apakah sangat jauh atau tidak, misalkan sampai 1 jam lebih mungkin kalian lebih memilih ngekos atau ngontrak dekat dengan tempat kerja, itu jauh lebih bagus dari pada harus pulang pergi jauh sekali bisa jadi anda kesiangan dan kemudian kena macet deh, itu yang bikin Repot. Dengan memilih tempat tinggal yang dekat memungkinkan untuk kalian lebih cepat datangnya juga baik ke tempat kerja dan sekolah.

2. Berangkat lebih pagi atau lebih siang

Kemudian yang kedua kalau kalian tidak mau kena macet mungkin kalian bisa berangkat lebih pagi, misalnya untuk masuk sekolah kalian jam 7 pagi atau masuk kerja sekitar pukul 07.30 maka kalian bisa sejam lebih awal sudah harus berangkat dari rumah, biasanya kalau terlalu pagi kendaraan masih jarang yang lewat, tak apa jika terlalu pagi itu malah jauh lebih baik, Malah anda bisa beristirahat juga.

Dengan begitu anda juga tidak terlalu buru-buru di jalan, dari pada berangkat mepet dengan jadwal bisa jadi malah anda tidak tenang, kena macet dan posisinya ngebut, itu sangat berbahaya sekali. Untuk itu usahakan bangun pagi kalau anda tidak ingin kena macet, terlebih di Jakarta dan juga Kota-kota besar di luar sana.

3. Naik kendaraan roda Dua (motor)

Nah kalau kalian tidak mau kena macet alangkah lebih baiknya kalau kalian naik kendaraan roda 2 atau Motor, biasanya kalau naik Taxi, bus atau angkot mereka lebih suka mencari penumpang banyak terlebih dahulu barulah mereka berangkat ke tujuan penumpang masing-masing, itu sangat lama dan bisa sampai siang.

Nah lebih baik anda menggunakan kendaraan roda dua, lebih mudah dan juga anda bisa mengatur jadwal berangkat anda baik kerja dan pergi ke sekolah. Untuk itu persiapkan kendaraan anda setelah pulang dari kerja sehingga di pagi hari anda tidak perlu memeriksanya lagi, yang pasti kelengkapan harus tetap terjaga.

4. Survey Rute jalan

Kemudian yang keempat kalau semua di atas masih membuat anda terkena macet di jalan mungkin anda bisa melakukan yang namanya survey Rute jalan, wah ini sangat keren kayaknya yah. Hehe.

Dengan melakukan survey jalan anda bisa tahu jalan paling singkat untuk ke tempat kerja kalian, nah untuk melakukan survey Rute ini ambilah hari libur biasanya minggu, maka kalian bisa sambil jalan-jalan dan survey rute mana yang paling sepi dan cepat atau terlalu jauh namun tidak macet, kalau anda pilih rute yang jauh 10 menit dari rute Utama dari pada rute Utama tapi macet bisa lebih dari 10 menitan, betul gak? nah maka luangkan waktu kalian di hari libur untuk survey jalan yang paling cepat atau paling sepi jarang untuk lewat para pengguna jalan lainnya.

5. Pulang lebih malam

Nah kemudian kalau kalian tidak mau kena macet pada saat pergi kerja mungkin kalian bisa memilih untuk pulang lebih malam, biasanya sekitar jam 7-9 malam itu banyak sekali para pekerja yang pulang sehingga membuat keadaan jalan menjadi ramai dan bisa terjadi kemacetan panjang, sama aja deh capek kalau begitu, sudah pagi kena macet, malam kena macet lagi. Nah mungkin kalian bisa pulang agak malaman sekitar jam 10 an. Biar lalu Lintas sedikit renggang.

6. Manfaatkan GPS

GPS Jalan Untuk MotorNah yang keenam yaitu dengan memanfaatkan teknologi dari smartphone kalian tentu saja menggunakan GPS, Yang mana GPS ini akan membantu kalian menemukan Rute dan informasi mengenai jalan yang akan anda lewati apakah keadaannya macet atau lancar jaya, untuk itu pergunaan teknologi untuk memantau lalu lintas yang ada di kota kalian.

Tentu saja sangat bermanfaat, sehingga kalian bisa mengatur jadwal kapan pulang, atau jika tidak kalian bisa melihat CCTV online yang biasannya di pasang di jalanan, itu jauh lebih baik untuk memantau aktivitas jalan yang akan anda lewati.

7. Minta bantuan

Pada saat macet mungkin anda bingung ingin meminta bantuan kepada siapa ? Nah untuk itu kalian bisa meminta bantuan kepada pihak yang berwenang yaitu pengatur lalu lintas, minta untuk mendahulukan bagian urutan anda dan pengendara lain, jadi lebih tertib, atau biasanya kalau lebih adil yaitu bagian depan 5 menit, kemudian belakang 5 menit dan seterusnya.

Itu jauh lebih baik sehingga semua pengendara tahu kapan dia akan lewat, atau cari tahu apa penyebab macet sebenarnya, biasanya mobil yang mogok di bahu jalan dan lain sebagainya bisa jadi ada perbaikan jalan juga.

8. Lakukan aktivitas yang bermanfaat

Nah kalau kalian terkena macet kalian bisa melakukan aktivitas yang lebih bermanfaat, misalnya dengan membuka situs ini dan membaca mengenai informasi dunia Otomotif atau juga bisa membaca-baca berita yang sedang terjadi di hari ini dan juga bisa melakukan apa saja yang menurut anda bermanfaat sehingga anda tidak merasa lelah dan letih.

Itulah beberapa tips aman untuk menghindari macet di jalanan, bagi pengendara macet bukan hal yang luar biasa melainkan sudah menjadi masalah besar, ini memberikan pesan kepada Pemerintah kita untuk melebarkan jalan Raya, tentu kalau jalan raya lebih lebar maka macet akan terhindari. (*)

Komentar

Komentar