Home KESRA Rupa-rupa 7 Topeng Paling Mengerikan Hingga Dari Kulit Wajah Manusia

7 Topeng Paling Mengerikan Hingga Dari Kulit Wajah Manusia

203
Topeng Paling Mengerikan (Foto : KapanLagi.com)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Di era sekarang topeng adalah benda yang dipakai di atas wajah. Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi musik kesenian daerah, style, dan penyamaran.

Tetapi bagaimana jika topeng tersebut bentuknya menyeramkan dan memiliki kekuatan mistis? Hmmm… Kalian penasaran bentuk topeng menyeramkan tersebut? Yuk simak pembahasan berikut guys! Hehe.. (dikutip dari hype.idntimes.com)

1. Death Mask

Kematian menghampiri semua orang tak terkecuali. Namun, kematian disikapi berbeda oleh setiap orang dan budaya.

Contohnya, di budaya Barat sendiri ada kebiasaan unik ketika seseorang meninggal. Terutama yang meninggal tersebut adalah orang-orang terkenal seperti tokoh politik, musikus, artis dan lainnya.

Beberapa saat setelah mereka dinyatakan meninggal, maka dibuatlah “death mask” atau topeng kematian untuk mengabadikan bentuk muka mereka di saat-saat terakhir.

Death mask adalah topeng berbentuk wajah orang-orang yang sudah meninggal. Topeng tersebut dibuat dari cetakan plester basah yang diletakkan di atas permukaan wajah orang yang baru meninggal dunia.

Mengutip dari rarehistoricalphotos.com, di abad pertengahan Eropa, topeng kematian merupakan hal lazim dibuat saat seseorang yang sudah meninggal. Karena pada saat itu belum ada namanya kamera. Sehingga jika ada tokoh terkenal yang meninggal, maka mukanya akan dibuat death mask.

Gambar di atas merupakan contoh death mask dari kaisar terkenal asal Prancis yaitu Napoleon Bonaparte.

Death Mask John Blake

2. Scold’s Bride Mask

Nah, yang kedua adalah Scold Bride Mask. Merupakan topeng yang digunakan sebagai sanksi sosial untuk para penggosip di Skotlandia. Ternyata sanksi ini diterapkan pada abad 18 sampai 19 lho guys! Benda aneh ini dipasangkan ke kepala seseorang dan di belakangnya terdapat rantai yang tersambung langsung ke bagian baju.

Scolds Bride juga dilengkapi dengan lempengan besi. Lepengan besi tersebut ternyata menekan bagian mulut pemakainya! Ini akan mempersulit si pemakainya untuk makan dan berbicara. Lidah mereka dijepit besi tajam yang ada di mulut topeng sehingga tidak dapat berbicara. Dengan menggunakan topeng ini mereka kemudian diarak keliling kota.

Kalau diaplikasikan di kehidupan modern sekarang ini, berapa banyak wanita /emak-emak yang akan memakai topeng ini ya? Hehehe…

3. Topeng Alexander Peden

Topeng ketiga juga ternyata berasal dari Skotlandia. Alexander Peden adalah seorang pendeta yang memimpin pemberontakan penganut Protestan di Skotlandia. Pada tahun 1663, Alexander Peden menolak perintah Raja Charles II untuk meninggalkan ajaran Protestan yang dianutnya dan memilih pergi meninggalkan kedudukannya. Hal ini menjadikannya buronan paling dicari kerajaan Inggris di masa itu.

Dikutip dari anehdidunia.com, saat menjadi buronan itu, Peden mendapat ide yang konyol tapi ternyata berhasil. Karena wajahnya telah banyak dikenali masyarakat, ia membuat sebuah topeng dengan kumis, janggut, bulu mata, dan wig dari rambut manusia. Selama sepuluh tahun Peden berkhotbah menggunakan topeng itu hingga akhirnya tertangkap pada tahun 1673.

Pada Desember 1678, ia bersama dengan 60 orang lain, dihukum pembuangan ke perkebunan Amerika. Mereka diangkut menggunakan kapal ke London. Di mana mereka seharusnya dipindahkan ke sebuah kapal Amerika, namun ketika kapten Amerika mendengar alasan pembuangan mereka, kapten membebaskan mereka.

Peden berjalan ke utara lagi untuk membagi tahun-tahun sisa hidupnya antara negara sendiri dan utara Irlandia. Hari-hari terakhirnya dihabiskan di sebuah gua, Sungai Lugar di paroki Sorn, dekat tempat kelahirannya dan pertanian saudaranya di Auchinleck. Di sana ia meninggal pada 1686, karena kesulitan dan penderitaan.

4. Vintage Hollywood Mask Tahun 1900-an

Mengutip dari anehdidunia.com, sebelum adanya topeng-topeng yang dibuat massal menggunakan bahan karet dan plastik, anak-anak pada tahun 1900 membuat sendiri topeng Halloweennya. Kreativitas mereka benar-benar luar biasa. Memakai bahan kain dan bubur kertas, mereka bisa membuat topeng yang sangat menyeramkan. Bahkan termasuk yang paling seram dalam sejarah.

Karena bagaimana pun juga perayaan Halloween sudah semestinya menakutkan dan menyeramkan bagi mereka yang ikut merayakannya. Tetapi seperti juga makna sejati dari perayaan Halloween yang mulai pudar dewasa ini. Topeng-topeng Halloween juga mulai kehilangan kesan menakutkan digantikan topeng buatan pabrik, yang terkadang malah terkesan lucu dan tidak ada kesan seramnya.

Vintage Hollywood Mask

5. Plague Doctor Mask

Jika dari kalian suka menonton film Hollywood abad 18 sampai 19, mungkin belum pernah melihat topeng satu ini. Topeng seperti wajah burung gagak dengan paruh yang panjang. Terlebih lagi topeng ini juga dilengkapi jubah hitam panjang dan sebuah topi, yang menambah kesan menyeramkan seperti malaikat pencabut nyawa.

Melansir dari anehdidunia.com, topeng ini merupakan rancangan Dr Charles de Lorme dari Prancis pada tahun 1619. Topeng ini didesain untuk para dokter yang menangani wabah Black Death agar tak tertular pasien. Karena pada masa itu dipercaya, bahwa wabah penyakit yang melanda dapat menular melalui udara.

Sehingga paruh topeng ini berfungsi untuk menyimpan wangi-wangian seperti, kelopak mawar, lavender, mint dan juga rempah-rempah lainnya guna menangkal bau busuk dari badan pasien.

Pada perkembangannya, topeng ini digunakan oleh para pekerja karantina yang dipekerjakan pejabat kota yang warganya banyak mengalami wabah. Seperti wabah mematikan yang melanda kota Roma pada tahun 1656, yang menewaskan 145 ribu orang, dan kota Naples (Sekarang Napoli) yang menewaskan 300 ribu orang.

Pasien yang didatangi oleh petugas bertopeng unik ini biasanya akan sangat ketakutan. Karena itu berarti pasien sudah tak tertolong lagi dan akan segera mati. Menurut mitos yang beredar, burung gagak di berbagai daerah Eropa memang dikenal sebagai lambang kematian dan pertanda buruk.

6. Iroquois False Face Society Mask

Topeng satu ini sekilas tampak seperti wajah orang yang menjalani tahap pertama bedah wajah. Strukturnya tampak berkerut-kerut seperti kulit orang tua. Topeng ini dipakai masyarakat Iroquois dalam ritual penyembuhan.

Topeng tersebut diukir dari kulit kayu dan diduga memiliki kekuatan sihir yang cukup dahsyat untuk mengobati penyakit, juga mengusir roh jahat.

Menurut Wikipedia.org, di zaman modern ini, topeng tersebut menjadi topik yang diperdebatkan kalangan Iroquois. Beberapa Iroquois yang bukan anggota False Face Society telah memproduksi dan menjual topeng tersebut kepada wisatawan dan kolektor non-pribumi.

Kepemimpinan Iroquois menanggapi komersialisasi tradisi ini dan mengeluarkan sebuah pernyataan melawan penjualan topeng suci ini. Mereka juga meminta kembalinya topeng dari kolektor dan museum. Orang-orang tradisional Iroquois keberatan untuk memberi label topeng hanya sebagai “artefak”, karena tidak dipahami sebagai objek tapi representasi hidup dari roh. Mereka mengatakan bahwa topeng ini memiliki kekuatan yang belum tentu sanggup dikendalikan semua orang.

7. Topeng Kulit Manusia Ed Gein

Jika kalian penggemar film horor, kalian sudah pasti pernah melihat film The Texas Chainsaw Massacre yang dirilis tahun 1974, atau remake-nya dirilis pada tahun 2003 dan dibintangi oleh Jessica Biel. Film yang menceritakan seorang pembunuh berantai yang selalu memburu mangsanya menggunakan sebuah gergaji listrik ini terinspirasi dari kisah hidup sang pembuat. Topeng kulit manusia ini. Yaitu seorang pria bernama Ed Gein.

Dikutip dari anehdidunia.com, konon, menurut cerita yang beredar, Ed Gein mengalami masa kecil kurang menyenangkan. Ia jadi objek pelampiasan kekerasan ayahnya yang merupakan seorang pemabuk. Untunglah Ed memiliki seorang Ibu yang selalu melindunginya. Namun kekerasan fisik yang diterima Ed kecil tak hanya melukai fisiknya tapi juga mentalnya.

Ed mulai terobsesi untuk mendapatkan perhatian dari Ibunya. Ed bahkan tega membunuh saudaranya karena tak rela kasih sayang sang Ibu terbagi. Sepeninggal sang Ibu, Ed yang kehilangan sumber kasih sayangnya mulai menjarah makam wanita yang dikubur di pemakaman sekitar rumahnya dan menguliti mereka.

Bosan bermain dengan mayat, Ed kemudian membunuh dua orang wanita dan menguliti mereka, untuk dijadikan hiasan di rumahnya, seperti mayat yang telah dia jarah sebelumnya. Sedangkan bagian wajahnya digunakan sebagai topeng yang dia gunakan saat memburu mangsanya.

Ed Gein

Gimana guys? Seram kan bentuk topeng zaman dulu? Bahkan sampai ada yang tega membuat topeng dari kulit manusia. Walau Topeng-topeng di atas menunjukkan bahwa di zaman dahulu topeng lebih bersifat horor daripada berseni! Hihihi…

Komentar

Komentar