Home Breaking News 6 Wisata Tersohor di Nusa Tenggara Timur

6 Wisata Tersohor di Nusa Tenggara Timur

147
Pulau Komodo Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur, (Foto: istimewa)

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Apa yang ada di benak Anda jika ditanya soal Indonesia bagian timur? Jangan dulu percaya tentang kabar bahwa tanahnya gersang dan masyarakatnya yang tertinggal.

Hal itu tak sepenuhnya benar, kamu akan setuju dengan kata indah setelah datang ke bebera titik yang katanya adalah cerminan surga yang cantik sekali. Salah satunya adalah Pulau Komodo, sebuah kawasan yang saat ini masuk dalam wilayah Kepulauan Nusa Tenggara (NTT).

Daya tarikanya tidak hanya sampai di situ saja, ada beberapa destinasi wisata yang menunggu untuk kamu kunjungi. Alamnya yang indah juga sah membuat kamu terpesona. Jangankan mata, langkah kakimu juga akan terasa dimanjakan dan tak pernah sia-sia.

Apa saja wisata yang tersohor di Nusa Tenggara Timur? Berikut ini ulasan selengkapnya (dikutip dari inovasee):

1. Labuan Bajo

Labuan Bajo [via labuanbajo-flores.com]

Petualanganmu di sarang komodo, bisa dimulai dari Labuan Bajo. Sebuah Kota Pelabuhan yang menyuguhkan suasana pinggir pantai yang keren sekali. Kamu bisa mencapai Labuan Bajo dengan kendaraan laut maupun penerbangan.

Untuk penginapan sendiri ada banyak sekali, kamu tinggal menyesuaikan dengan budget yang kamu miliki. Untuk ukuran Rp300 ribu hingga Rp500 ribu kamu sudah bisa menginap di hotel dengan fasilitas yang mewah seperti AC, televisi, sarapan, ada juga yang kamarnya langsung menghadap pantai.

Datang ke sana akan membuat kamu menadapatkan sebuah momen yang membuat liburanmu jadi lebih berkesan. Dulu Labuan Bajo hanyalah sebuah kelurahan, namun saat ini berkat pemekaran dan perhatian dari berbagai pihak, Labuan Bajo menjadi sebuah kota tujuan wisata yang populer dan terkenal bahkan hingga ke telinga traveler mancanegara. Berbagai kuliner khas, juga mudah kamu temui di Labuan Bajo.

2. Pulau Kelor

Pulau Kelor [via indonesiakaya.com]

Eits,, tunggu dulu, jangan dikira Pulau Kelor hanya ada di Kepulauan Seribu ya. Karena ternyata, di Nusa Tenggara juga ada pulau dengan nama tersebut. keindahannya nggak kalah kok.

Di Pulau Kelor kamu bisa menikmati beberapa kegiatan wisata. Seperti bersantai menikmati pantai atau menyelami dalamnya lautan. Kamu juga bisa snorkling dan mengintip bagaimana kehidupan ikan-ikan yang cantik lengkap dengan terumbu karang yang indah.

Kamu bisa menyewa perahu dari Labuhan Bajo dengan membayar uang sekitar Rp600 ribu. Akan lebih menyenangkan jika kamu datang bersama banyak orang. Dengan biaya segitu, kamu sudah bisa mengelilingi beberapa pulau, salah satunya adalah Pulau Kelor.

3. Pulau Rinca

Pulau Rinca [via panoramio.com]

Ke sarang Komodo tapi tidak menyempatkan waktu untuk melihat Komodo tentu kurang lengkap. Ada beberapa pulau yang ditetapkan sebagai cagar alam dan taman nasional. Salah satunya adalah Pulau Rinca. Datang saja ke sana, dan kamu akan menyaksikan secara langsung bagaimana gaharnya kadal raksasa di pulau tersebut.

Pulau Rinca sendiri ada di bagian barat Pulau Flores. Kamu bisa mendatanginya dengan mengendarahai perahu. Selain komodo, Pulau Rinca menjadi habitat untuk beberapa hewan lain seperti babi liar, kerbau dan burung.

4. Pulau Kalong

Pulau Kalong [via paketwisatakomodo.com]

Pulau Kalong juga ada di gugusan Kepualauan Nusa Tenggara. Lokasi tersebut sangat pas untuk menutup perjalan wisatamu seharian. Setelah lelah berkativitas dan mengujungi berbagai tempat menarik, pasti kamu ingin sejenak mengistirahatkan tubuh dengan bersantai menikmati pemandangan sambil melepas matahari dan menyambut datangnya malam.

Pulau Kalong adalah titik melihat sunset yeng keren. Saat senja hari tiba, ribuan kalong beterbangan seperti ornamen langit. Ya, selain sunset, kalong-kalong itu juga menjadi daya tarik bagi wisatawan.

5. Pulau Komodo

Pulau Komodo [via pemburuombak.com]

Selain Pulau Rinca, ada satu pulau lagi yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia. Alasannya sudah pasti karena di pulau tersebut terdapat Komodo. pemerintah begitu getol mempromosikan Taman nasional Komodo sebagai destinasi wisata.

Pulau Komodo masih termasukd alam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di pualu tersebut ada sekitar 1300 ekor komodo, jumlah tersebut tercatat pada tahun 2009. tentu sat ini jumlahya sudah meningkat.

6. Gili Lawa

Gili lawa [via blog.miraafianti.com]

Gili Lawa adalah sebuah tempat yeng terkenal sebagai pintu gerbang masuk ke Taman Nasional Komodo. Yang menjadi daya tarik utama adalah pemandangan laut yang bisa dilihat dari ketinggan. Sampai di pelabuhan, kamu bisa mengikuti jalur menuju sebuah bukit.

Tidak perlu sampai ke puncak, karena di sebuah titik kamu bisa mendapatkan spot foto yang super keren. Dari atas, kamu bisa memandang jauh ke gugusan pulau-pulau kecil nan cantik. Puas dengan pemandangan daratnya, kamu bisa melipir untuk menyelam di Gili Lawa Laut.

Itulah beberapa loksi wisata di Nusa Tenggara timur, sarang Komodo berada. Semoga informasi di atas makin menambah motivasimu untuk segera membuktikan sendiri keindahannya.

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar