Home Pariwisata Kuliner 6 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia

6 Kuliner Khas Indonesia yang Mendunia

101

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Negara kita memang terkenal akan tempat wisatanya yang seringkali dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Tetapi, tidak hanya itu saja wisata kulinernya yang lezat ini ternyata juga sangat mendunia.

Dari Sabang sampai Merauke tentunya banyak sekali pilihan kuliner yang bisa kamu santap di negeri ini. Hal ini pun menyebabkan makanan Indonesia selalu tampil dalam ajang festival kuliner dunia karena hampir semua wisata kuliner Indonesia ini menggunakan rempah-rempah yang tidak bisa ditemukan di negara lain.

Makanan khas Indonesia yang sangat terkenal dan kaya akan rempah-rempahnya ternyata sudah banyak dikenal oleh berbagai macam belahan negara. Inilah sebabnya makanan Indonesia begitu banyak diminati dan memiliki khas tersendiri.

Berikut 8 kuliner Khas Indonesia yang sangat terkenal di dunia, seperti dikutip dari laman reservasi:

1. Sop Buntut

Makanan khas indonesia yang mendunia

Makanan yang terbuat dari potongan ekor sapi ini melalui proses yang sangat panjang sehingga rasanya menjadi sangat nikmat dan digemari. Pertama-tama potongan ekor sapi ini diberi bumbu dengan rempah-rempah dan kemudian dibakar baru dimasukan kedalam kuah kaldu sapi. Biasanya, Sop Buntut akan disajikan dengan irisan wortel, kentang, daun bawang seledri, tomat dan tidak lupa bawang gorengnya.

Tapi siapa yang sangka, kalau Sop Buntut ini pernah disajikan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Madrid, Spanyol.

2. Gudeg

Makanan khas indonesia yang mendunia

Makanan olahan dari nangka muda yang dimasak dengan gula palem dan santan ini sering ditemukan di Yogyakarta. Rasanya yang manis pedas ini selalu ramai diburu oleh para wisatawan lokal dan mancanegara. Kuliner yang selalu menjadi favorit ini ternyata juga berada di Melbourne, Australia tepatnya di kawasan Clayton Road.

Warung Gudeg yang berada di Melbourne ini merupakan salah satu restoran yang menyediakan gudeg asli Indonesia.

3. Gado-gado

Makanan khas indonesia yang mendunia

Kalau diluar negeri kita bisa menemukan salad, beda halnya dengan Gado-gado khas Indonesia yang terbuat dari rempah dan bumbu asli Indonesia. Pada tahun 2010 yang silam, gado-gado ini menjadi juara pertama dalam perlombaan memasak tingkat Internasional pada kategori tampilan sajian kuliner estetika di Napoli, Italia.

4. Indomie Goreng

Makanan khas indonesia yang mendunia

Banyaknya jenis mie di dunia ini dari berbagai negara. Tapi siapa yang sangka, merek mie di Indonesia yang bernama Indomie ini sudah terkenal ke berbagai macam negara di dunia. Selain menjadi makanan yang paling favorit di Indonesia, dan sering diolah dengan berbagai macam rasa. Indomie juga sudah diekspor ke 80 negara yang berada di dunia sejak 20 tahun yang lalu.

Di negara bagian Timur Tengah dan Afrika ini sudah menjual Indomie di hampir setiap supermarket yang ada, tidak hanya kedua negara tersebut saja. Hal unik lainnya Indomie malah dijadikan salah satu kado Natal paling populer, tepatnya di Amerika Serikat.

5. Tempe

warungtempeh.com

Kalau tadi sudah ada Indomie, kini giliran Tempe yang menjadi bahasan. Makanan yang berbahan dasar dari kacang kedelai ini ternyata sudah sering mejeng dalam festival kuliner di dunia. Makanan khas Indonesia ini paling sering menjadi bahan masakan yang diolah kembali dengan berbagai macam rasa dan masakan.

Tidak hanya di Indonesia, ternyata di London juga ada streetfood yang bernama Warung Tempeh dan sangat digemari oleh masyarakat sekitar.

6. Sate

Makanan khas indonesia yang mendunia

Siapa yang bisa menolak kelezatan dari Sate. Biasanya makanan ini disajikan dalam dua varian, Sate Padang dan Sate Madura. Banyak dari wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia untuk selalu mencari sate karena kelezatannya yang tidak tertandingi.

Kamu bisa menemukan banyak sekali warung sate di Indonesia, bahkan di New York, Amerika Serikat juga memiliki restoran Indonesia yang bernama Satay Junction dan menjual Sate Ayam sebagai menu andalannya. Hmm, kalau di Indonesia namanya Sate Madura, kalau di Amerika jadi apa ya? Hehe.

image_pdfimage_print

Komentar

Komentar