Home Breaking News 6 Cara Kembangkan Kemampuan Balita

6 Cara Kembangkan Kemampuan Balita

609
Si Kecil tampak senang saat dekat dengan Ibunya.

JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- Keterampilan sosial termasuk kemampuan bertingkah laku diperlukan Balita (Bawah Lima Tahun) sebagai dasar menuju individu yang mandiri. Yang termasuk kedalam keterampilan ini mencakup kemampuan untuk berkenalan, berbaur, dan berkomunikas dengan orang lain.

Sebagai orang terdekat si kecil, ayah bunda harus mendorong dan melatih kemampuan tersebut agar si kecil mempunyai modal untuk mengembangkan skill sosialnya dikemudian hari.

Berikut 6 cara kembangkan kemamouan si kecil:

1. Menimbulkan rasa aman dan kasih sayang

Ketika si kecil rewel, carilah sebabnya dan atasi masalahnya. Angkat dia dari tempat tidur dan bicaralah padanya dengan nada lembut, halus, dan penuh kasih sayang. Sering-seringlah memeluk si kecil. Bawalah dia sebanyak mungkin dalam kegiatan di seputar rumah.

2. Merangsang bayi tersenyum

Seringlah tersebyum pada si kecil, terumata ketika dia tersenyum pada Bunda. Buatlah suara-suara yang menyenangkan dan bicaralah sambil tersenyum padanya.

3. Mengamati

Gendonglah si kecil dan bawalah berkeliling sambil menunjukkan benda-benda yang berwarna cerah dan bercahaya. Sanggalah si kecil sesering mungkin agar ia dapat melihat sekelilingnya.

4. Meniru

Perhatikan apa yang dilakukan oleh si kecil, kemudian tirulah gerakannya, mimik, dan kegiatannya. Si kecil juga akan meniru bunda.

5. Mengayun

Untuk menenangkan si kecil, letakkanlah ia pada kursi ayun. Sebaliknya, Bunda tetap berada di dekatnya sehingga ia dapat meraba wajah Bunda dengan tangannya. Peganglah si kecil dengan penuh kasih sayng dan berbicaralah dengan nada yang lembut.

6. Menina-bobokan

Bersenandunglah untuk si kecil sebelum ia tidur dan ayunlah ia dengan lembut sampai tertidur.

(pemi)

Komentar

Komentar